PENGARUH MINAT MEMBACA (PERPUSTAKAAN SEKOLAH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERAGAMA BUDDHA SMP NEGERI 2 SUSUKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Widodo, Fajar (2023) PENGARUH MINAT MEMBACA (PERPUSTAKAAN SEKOLAH) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERAGAMA BUDDHA SMP NEGERI 2 SUSUKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN TTD.pdf

Download (820kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI JADI FAJAR .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi berdasarkan observasi awal terhadap peserta didik di SMP Negeri 2 Susukan yang mengindikasikan bahwa ada situasi di mana siswa cenderung melakukan kegiatan sendiri di dalam kelas, kurang menunjukkan antusiasme dalam proses belajar, dan kurang merespon pertanyaan dari guru, yang dapat berdampak negatif pada motivasi belajar mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh minat membaca (perpustakaan sekolah) terhadap motivasi belajar peserta didik beragama Buddha di SMP Negeri 2 Susukan tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Untuk mengumpulkan data, digunakan angket atau kuesioner. Populasi yang menjadi fokus adalah peserta didik beragama Buddha kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 2 Susukan, dengan jumlah 15 peserta didik. Dalam penelitian ini, digunakan metode sampling jenuh untuk memilih sampel. Untuk menganalisis data, dilakukan pendekatan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel X, yaitu minat membaca (perpustakaan sekolah), berpengaruh terhadap variabel Y, yaitu motivasi belajar. berdasarkan uji hipotesis. Dalam analisis menggunakan rumus regresi linier sederhana, ditemukan bahwa R Square sebesar 0,871. Artinya, minat membaca (perpustakaan sekolah) berkontribusi sebesar 87,1% terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik. Sementara faktor lain yang tidak memberikan pengaruh dalam penelitian ini sebesar 12,9%. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan nilai t sebesar 9,381 dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Data tersebut memberikan bukti bahwa minat membaca (perpustakaan sekolah), berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSupartono, Supartono101013supartono.khemacaro@sekha.kemenag.go.id
Thesis advisorUtami, Sri101027sriutami.dhamacarini@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca (Perputakaan Sekolah), Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Fajar Widodo
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:29
Last Modified: 05 Jan 2024 07:32
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item