PENGARUH PRAKTIK MINDFUL BREATHING DAN MINDFUL SITTING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA SMA NANYANG ZHI HUI MEDAN

FERRY, FERRY (2023) PENGARUH PRAKTIK MINDFUL BREATHING DAN MINDFUL SITTING TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA SMA NANYANG ZHI HUI MEDAN. Masters thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (COVER)
cover_3.pdf

Download (747kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak_2.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1 DAN 2)
bab 1_2.pdf

Download (21MB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf

Download (48MB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf

Download (34MB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar Pustaka_2.pdf

Download (12MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK FERRY, 20210100015, 2023, Pengaruh Praktik Mindful Breathing dan Mindful Sitting Terhadap Siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Tesis. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S2). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali. Pembimbing (I) Dr. Kabri, S.Ag., M.Pd., M.Pd.B., (11) Julia Surya, S.Pd.B., M.A., Ph.D. Stres akademik menjadi tantangan tersediri dalam dunia Pendidikan. Untuk mengatasi stres akademik yang timbul dalam proses pembelajaran, SMA Nanyang Zhi Hui Medan telah menerapkan praktik napas berkesadaran (mindful breathing) dan praktik duduk berkesadaran (mindful sitting) selama lebih dari 10 tahun. Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa tidak sedikit siswa SMA Nanyang Zhi Hui masih menunjukkan gejala/gangguan akibat stres akademik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh praktik mindful breathing dan mindful sitting terhadap stres akademik siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Populasi dalam penelitian berjumlah 82 siswa SMA yang telah mengetahui dan mengikuti praktik mindful breathing dan mindful sitting selama 5 tahun. Dalam mengambil ataupun menentukan besamya sampel, penulis mengambil keseluruhan 82 orang siswa karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi sebagai pendukung. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan pendekatan kuantitatif dan regresi linier berganda. Setelah merumuskan masalah penelitian dan menetapkan hipotesis, langkah selanjutnya adalah menguji kebenaran hipotesis secara empiris melalui pengumpulan data. Penguml;'ulan data dilakukan pada populasi yang telah ditetapkan oleh peneliti dengan kuesioner. Data yang telah terkumpul diuji validitas dan reliabilitasnya, yang selanjutnya dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Hasil analisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel, tabel distribusi frekuensi, dan grafik. Selanjutnya dilakukan pembahasan dan interpretasi. Terakhir, kesimpulan dibuat berdasarkan data yang terkumpul sebagai jawaban singkat terhadap setiap rumusan masalah yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mindful breathing memberikan pengaruh terhadap stres akademik siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan sebesar 6.6%, praktik mindful sitting memberikan pengaruh terhadap stres akademik siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan sebesar 5.8% dan praktik mindful breathing dan mindful sitting secara bersama-sama (simultan) memberikan pengaruh terhadap stres akademik siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan sebesar 13.6%, dengan variabel praktik mindful breathing memberikan sumbangan efektif sebesar 7 .1 7% sedangkan variabel praktik mindful sitting memberikan sumbangan efektif sebesar 6.41 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa praktik mindful breathing dan mindful sitting menunjukkan Vll pengaruh yang signifikan terhadap stres akademik siswa SMA Nanyang Zhi Hui. Saran yang dikemukakan adalah praktik mindful breathing dan mindful sitting perlu lebih ditingkatkan lagi penerapannya oleh siswa baik dari tingkat TK sampai ke SMA, memberikan pemahaman ataupun penjelasan kembali mengenai tujuan praktik mindful breathing dan praktik mindful sitting kepada para siswa, sehingga penerapannya tidak hanya berhenti di sekolah, namun dapat diteruskan di rumah, serta kepada peneliti lain disarankan agar melakukan penelitian sejenis yang lebih mendalam tentang praktik mindful breathing dan mindful sitting.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorKABRI, KABRINIDN2902056701kabri.nyanakaruno@sekha.kemenag.go.id
Thesis advisorJULIA, SURYANIDN2903058601julia.surya@sekha.kemenag.go.id
Uncontrolled Keywords: mindful breathing, mindful sitting, stres akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: FERRY FERRY
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:44
Last Modified: 08 Jan 2024 02:44
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item