Turahmi, Turahmi (2024) KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
![]() |
Text (BAB I)
Tesis (Turahmi - 20220100023)_BAB_I.pdf Download (902kB) |
![]() |
Text (BAB II)
Tesis (Turahmi - 20220100023)_BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
Tesis (Turahmi - 20220100023)_BAB_III.pdf Download (726kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
Tesis (Turahmi - 20220100023)_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
Tesis (Turahmi - 20220100023)_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text (TESIS FULL PAPER)
Tesis (Turahmi - 20220100023).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru pendidikan agama Buddha dalam mengajarkan moderasi beragama kepada siswa kelas VI di Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Wonoharjo dan SD Negeri 3 Giyanti di Kabupaten Kebumen. Guru-guru menggunakan berbagai metode pengajaran seperti cerita dari kitab suci, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya menghargai keberagaman keyakinan dan hidup berdampingan secara damai dalam masyarakat multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru memiliki peran yang signifikan dalam membentuk sikap moderasi beragama dan toleransi siswa. Mereka tidak hanya mengajarkan konsep-konsep ini secara teoritis tetapi juga memberikan contoh konkret melalui praktik dalam kehidupan sehari-hari. Metode-metode pengajaran yang interaktif dan praktis ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang moderasi beragama. Meskipun menghadapi tantangan seperti sikap intoleransi siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga atau komunitas, guru-guru berhasil mengatasi hambatan ini dengan kesabaran, pendidikan terus-menerus, dan dukungan dari sekolah. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk pengembangan kurikulum yang lebih inklusif, pelatihan tambahan bagi guru, dan kolaborasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengajaran moderasi beragama.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Turahmi Turahmi | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2025 01:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2025 01:50 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |