PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN MENULIS ESAI DHARMA PANDITA MBI DKI JAKARTA

Taslim, Husin (2024) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN MENULIS ESAI DHARMA PANDITA MBI DKI JAKARTA. Masters thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (BAB I)
Tesis (Husin Taslim - 20220100009)_BAB_I.pdf

Download (858kB)
[img] Text (BAB II)
Tesis (Husin Taslim - 20220100009)_BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Tesis (Husin Taslim - 20220100009)_BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
Tesis (Husin Taslim - 20220100009)_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Tesis (Husin Taslim - 20220100009)_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full Paper)
Tesis (Husin Taslim - 20220100009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan esai memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan ekspresi tulisan di berbagai jenjang pendidikan. Esai berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan ide dan pendapat serta melatih keterampilan analisis, sintesis, dan argumentasi. Tantangan utama dalam pengembangan model pelatihan menulis esai adalah pemanfaatan teknologi yang bijaksana, yang harus diintegrasikan dengan strategi pembelajaran efektif agar tidak menggantikan peran pendidik. Penulisan esai Dharma Pandita MBI DKI Jakarta berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia, dengan esai sebagai bentuk pemahaman terhadap nilai-nilai budaya yang kaya dan beragam. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE untuk mengembangkan model pelatihan menulis esai Dharma yang efektif, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pandita MBI DKI Jakarta dalam menulis esai Buddhis. Hasil penelitian menunjukkan esai Dharma dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kompetensi penulisan esai Dharma Pandita MBI DKI Jakarta dan memperluas jangkauan pengaruh esai Buddhis, sehingga memberikan inspirasi spiritual dan pemahaman budaya yang lebih baik kepada masyarakat. Pelaksanaan model yang diterapkan berhasil memenuhi tujuan pelatihan, dengan peningkatan yang terlihat dalam berbagai aspek penulisan. Model hipotetik pelatihan menulis esai untuk pandita ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan program pelatihan yang lebih komprehensif dan efektif di masa depan. Model pelatihan penulisan esai Dharma Pandita MBI DKI Jakarta sangat memungkinkan untuk digunakan secara efektif dalam meningkatkan kemampuan yang terlihat dalam berbagai aspek penulisan bagi pandita.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorPartono, Partono101012/2927076501psnadi@smaratungga.ac.id
Thesis advisorKabri, Kabri101015/2902056701kabri@smaratungga.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Husin Taslim
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:52
Last Modified: 14 Mar 2025 01:52
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item