Metta Setyawati, Metta (2025) Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Karakter Toleransi Pada Siswa Beragama Buddha di SMA N 1 Ampel. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
![]() |
Text
20210200018 Metta Setyawati_Cover.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (skripsi Full)
3.20210200018 Metta Setyawati_Full Tugas Akhir.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 3 July 2035. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
1. 20210200018 Metta Setyawati_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 3 July 2035. Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Pernyataan & Motto)
Pernyataan - Motto.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 3 July 2035. Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 3 July 2035. Download (198kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
2. 20210200018 Metta Setyawati_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 3 July 2035. Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 3 July 2035. Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 3 July 2035. Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 3 July 2035. Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 3 July 2035. Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
4.20210200018 Metta Setyawati_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 3 July 2035. Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 3 July 2035. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Metta Setyawati, 20210200018, 2025. Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Karakter Toleransi Pada Siswa Beragama Buddha Di SMA N 1 Ampel. Skripsi, Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga. Pembimbing (I) Dr. Partono, M.Pd.,M.Pd.B., Pembimbing (II) Sukisno, M.Pd. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Karakter Toleransi Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menumbuhkan karakter toleransi dalam kehidupan beragama di kalangan pelajar. Moderasi beragama sebagai upaya untuk menanamkan sikap beragama yang inklusif, adil, dan tidak ekstrem, memjadi kunci dalam membentuk sikap toleransi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini (1) menganalisis secara ilmiah Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Karakter Toleransi Pada Siswa Beragama Buddha Di SMA N 1 Ampel (2) menganalisis secara ilmiah berapa besar Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Karakter Toleransi Pada Siswa Beragama Buddha Di SMA N 1 Ampel. Metode yang digunakan adalah metode survei, yang mana peneliti menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan data, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian adalah siswa beragama Buddha di SMA N 1 Ampel. Populasi penelitian ini sebanyak 18 orang. Sampel penelitian ini mengunakan teknik sampel jenuh di mana seluruh populasi di jadika sampel sebanyak 18 orang siswa siswi beragama Buddha di SMA N 1 Ampel. Hasil Penelitian dapat disipmpulkan bahwa ada pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap karakter toleransi pada siswa beragama Buddha di SMA N 1 Ampel yaitu dengan analisis deskripsi pada variabel pemahaman moderasi beragama menunjukan hasil sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan pada variabel karakter toleransi menunjukan hasil sebesar 78% termasuk kategori tinggi. Terdapat pengaruh signifikan antara pemahaman moderasi beragama terhadap karakter toleransi, dengan nilai korelasi sebesar 0.766 berada pada kategori kuat. Koefisiensi determinasi R Square sebesar 0.586 sehinga dapat diartikan bahwa Pemahaman Moderasi Beragama memberikan kontribusi sebesar 58,6% terhdpat karakter toleransi siswa beragama Buddha SMAN 1 Ampel. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan hasil yang diperoleh t hitung 4.764 dengan Sig. ≤ 0.05 maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diasumsikan bahwa pemahaman moderasi beragama berpengaruh secara signifikan terhadap karakter toleransi pada siswa beragama Budha di SMA N 1 Ampel.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Karakter Toleransi, Siswa Buddha | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Metta Setyawati Sumarti | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:51 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |