Ria Astika, Ria Astika (2025) PENGARUH MINDFUL LEARNING DAN HUBUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA STIAB JINARAKKHITA. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
![]() |
Text (Tesis Full)
TESIS FULL RIA ASTIKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only until 23 September 2030. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh mindful learning dan hubungan sosial terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Resiliensi akademik yang menjadi fokus penelitian mencakup ketekunan, optimisme terhadap pembelajaran, motivasi, dan kemampuan mengelola stres akademik. Mindful learning terdiri atas keterbukaan terhadap pengalaman baru, keterlibatan aktif, kesadaran konteks, serta pemikiran divergen dan reflektif. Seluruh aspek mindful learning berperan dalam menumbuhkan kesadaran penuh dalam proses belajar, mengurangi distraksi, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengatasi hambatan akademik. Hubungan sosial dibangun melalui interaksi yang sehat dengan teman sebaya, dosen, maupun lingkungan sekitar. Dukungan sosial tersebut membantu mahasiswa menjaga motivasi, mengelola tekanan, serta memelihara keseimbangan emosional. Kualitas hubungan sosial yang positif juga memberikan rasa memiliki, keamanan, dan kepercayaan diri, sehingga mahasiswa lebih tangguh menghadapi tantangan akademik. Sinergi antara mindful learning dan hubungan sosial membentuk fondasi penting bagi ketahanan belajar, yaitu kesadaran individu yang terlatih sekaligus dukungan eksternal yang memperkuat proses adaptasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Populasi penelitian melibatkan mahasiswa, dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindful learning (β = 0,757; t = 6,152; p < 0,000) dan hubungan sosial (β = 0,634; t = 7,790; p < 0,001) berpengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik, baik secara parsial maupun simultan (F = 23,990; p < 0,001), dengan kontribusi sebesar 640% (R² =0,613). Temuan ini menegaskan bahwa penerapan mindful learning yang konsisten serta penguatan hubungan sosial mampu meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mindful Learning, Hubungan Sosial, Resiliensi Akademik | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Ria Astika San'nah | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:08 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |