PENGARUH MINDFULNESS DAN STORYTELLING TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA BUDDHIS TINGKAT MAJHIMA SEKHA DI SMB BUDDHA WARMAN

Suyati, Suyati (2025) PENGARUH MINDFULNESS DAN STORYTELLING TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA BUDDHIS TINGKAT MAJHIMA SEKHA DI SMB BUDDHA WARMAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha.

[img] Text (TESIS FULL)
THESIS.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ANSTRAK)
ABSTRAK.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB I.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III .docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V .docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 2030.

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (COVER)
COVER.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (PENGESAHAN)
PENGESAHAN.docx - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

SUYATI, 20230100002, 2025, “Pengaruh Mindfulness dan Storytelling Terhadap Penguatan Karakter Siswa Buddhis Tingkat Majhima Sekha di SMB Buddha Warman”. Tesis. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S2). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali. Pembimbing (I) Dr. Kabri, S.Ag., M.Pd., M.Pd.B., (II) Dr. Suherman, S.Kom., M.M Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh terhadap penguatan karakter siswa di Sekolah Minggu (SMB) di kota padang. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya strategi pendidikan berbasis ajaran Buddhis dalam membentuk karakter moral, spiritual, dan sosial remaja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana dan berganda, dengan melibatkan 63 responden siswa SMB Buddha Warman. Variabel mindfulness diukur melalui fokus perhatian, kesadaran pada momen kini, dan penerimaan tanpa menghakimi, sedangkan variabel storytelling diukur melalui kejelasan alur, kesesuaian isi dengan nilai Buddhis, keterlibatan siswa, serta kemampuan cerita memotivasi perilaku positif. Variabel penguatan karakter mencakup dimensi moralitas (sīla), pengembangan batin (bhāvanā), cinta kasih (mettā), dan keyakinan (saddhā-carita). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguatan karakter siswa dengan kontribusi sebesar 65,7%. Storytelling juga berpengaruh positif dan signifikan dengan kontribusi sebesar 73,1%. Secara bersama-sama mencapai angka sebesar 74,9%, sedangkan faktor lain seperti keluarga, guru, dan lingkungan sosial menyumbang sisanya. Hal ini menegaskan bahwa pengintegrasian mindfulness dan storytelling efektif dalam menguatkan karakter siswa. Penelitian ini juga menegaskan relevansi ajaran Satipaṭṭhāna Sutta mengenai kesadaran penuh, praktik dhamma-desanā melalui Jātaka, serta nilai Ariya Aṭṭhaṅgika Magga, khususnya aspek perhatian benar (sammā-sati) dan ucapan benar(sammā-vācā ), sebagai dasar pendidikan karakter di lingkungan pendidikan Buddhis. Implikasi penelitian mencakup aspek teoretis, praktis, dan sosial-religius, yaitu memperkuat teori pendidikan karakter berbasis Dhamma, memberikan pedoman bagi guru atau pembina SMB dalam mengintegrasikan mindfulness dan storytelling, serta mendorong terbentuknya generasi Buddhis yang bermoral, penuh kasih, dan memiliki daya saing. Kata kunci: mindfulness, storytelling, penguatan karakter

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDDr. Kabri., S.Ag.,M.Pd., M.Pd.B., Kabri2902056701kabri@smaratungga.ac.id
UNSPECIFIEDDr. Suherman, S.Kom., M.M.\, Suherman2902117302Herusuhermanlim@gmail.com
Uncontrolled Keywords: mindfulness, storytelling, penguatan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Suyati Suyatmi
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:00
Last Modified: 05 Dec 2025 03:00
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item