PENGARUH PRAKTIK MINDFULNESS DAN SELF EFFICACY TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA SISWA PKBM HOMESCHOOLING KUSALAMITRA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Kuhana Dewi, Kuhana Dewi (2025) PENGARUH PRAKTIK MINDFULNESS DAN SELF EFFICACY TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA SISWA PKBM HOMESCHOOLING KUSALAMITRA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (Tesis Full)
Text (Lembar Cover).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (LEMBAR PERSETUJUAN).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (Moto & Abstrak).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (BAB 1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (BAB 2).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (BAB 3).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (BAB 4).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (BAB 5).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (Tesis Full)
Text (Lampiran).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dewi, Kuhana, 20230100018. 2025. “Pengaruh Praktik Mindfulness dan Self Efficacy Terhadap Adversity Quotient Siswa PKBM Homeschooling Kusalamitra. Tesis, Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S2). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing (1) Dr. dr. Tjhia Khie Khiong, S.Si,S.Ked, M.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Pa(K)., Akp. (2) Dr. Partono, M.Pd., M.Pd.B. Kata Kunci: praktik mindfulness, self-efficacy, adversity quotient, homeschooling, ketahanan mental, pendidikan alternatif, psikologi pendidikan Pendidikan abad ke-21 menuntut pengembangan ketahanan mental yang kuat untuk menghadapi kompleksitas tantangan global. Siswa homeschooling menghadapi tantangan unik berupa kemandirian belajar tinggi dan minimnya interaksi sosial terstruktur, sehingga memerlukan Adversity Quotient (AQ) yang optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh praktik mindfulness dan self-efficacy terhadap Adversity Quotient siswa PKBM Homeschooling Kusalamitra tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa PKBM Homeschooling Kusalamitra berjumlah 42 siswa yang dijadikan sampel penelitian (sampling jenuh). Instrumen penelitian berupa kuesioner terstruktur dengan skala Likert untuk mengukur praktik mindfulness (34 item), self-efficacy (33 item), dan adversity quotient (33 item). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Praktik mindfulness siswa berada pada kategori tinggi (82%) dengan sub variabel tertinggi pada Dhammānupassanā (90%); (2) Self-efficacy siswa berada pada kategori tinggi (80%) dengan distribusi seimbang pada ketiga dimensi; (3) Adversity quotient siswa berada pada kategori tinggi (83%) dengan sub variabel tertinggi pada Dhīra-vīriya (93%); (4) Terdapat pengaruh signifikan praktik mindfulness dan self-efficacy terhadap adversity quotient dengan nilai korelasi R = 0,897 (sangat kuat), koefisien determinasi R² = 0,805 (kontribusi 80,5%), dan F hitung = 80,691 (sig. 0,000 < 0,05). Persamaan regresi Y = 8,163 + 0,217X₁ + 0,858X₂ menunjukkan self-efficacy memiliki pengaruh dominan terhadap adversity quotient. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan model ketahanan mental berbasis mindfulness Buddhis dan self-efficacy untuk pendidikan homeschooling. Secara praktis, hasil penelitian dapat dijadikan dasar pengembangan kurikulum holistik yang mengintegrasikan praktik mindfulness dan peningkatan self-efficacy sebagai komponen inti dalam sistem pembelajaran alternatif untuk mengoptimalkan ketahanan mental siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDDr. dr. Tjhia Khie Khiong, S.Si,S.Ked, M.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Dr. dr. Tjhia Khie Khiong, S.Si,S.Ked, M.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D.101055 - 2927067302UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDDr. Partono , M.Pd., M.Pd.B, Dr. Partono , M.Pd., M.Pd.B101012 -2927076501UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: praktik mindfulness, self-efficacy, adversity quotient, homeschooling, ketahanan mental, pendidikan alternatif, psikologi pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Kuhana Dewi Krisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:40
Last Modified: 08 Dec 2025 03:40
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item