Surya Devi Amriliani, Devi (2022) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DHAMMAPADA DI SEKOLAH MINGGU BUDDHA KAPANEWON PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2022. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga Boyolali.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (80kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKSI.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB 1.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB 2.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 3)
5. BAB 3.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 4)
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI FULL DEVI)
10. GABUNGAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Amriliani, Surya Devi. 2022. Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Membaca Dhammapadā Di Sekolah Minggu Buddha Kapanewon Panggang Dukuh Wiloso Desa Girikarto Kabupaten Gunungkidul Tahun 2022. Pembimbing (1) Endang Sri Rejeki, S.Ag, M.M., M.Pd.B. (2) Dr. Partono, M.Pd, M.Pd.B Kata kunci: Metode Drill, Keterampilan Membaca Dhammapada. Dhammapadā berisikan syair-syair yang ditujukan sebagai ungkapan penghormatan, perlindungan, tekat, perenungan, ungkapan kebenaran, pengharapan berkah dan pelimpahan jasa yang dikenal dengan istilah sutta dan gatha. Kurangnya pemahaman dalam tata cara pembacaan Dhammapadā juga menjadi kendala. Peserta didik Sekolah Minggu Buddha Kapanewon Panggang memiliki pemahaman bahwa salah satu upaya untuk melatih keterampilan membaca Dhammapadā pada siswa adalah dengan dilakukannya pelatihan pembacaan Dhammapadā pada kegiatan Sekolah Minggu Buddha. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pencapaian keterampilan membaca Dhammapadā yang dimiliki siswa Sekolah Minggu Buddha sebelum dan sesudah subjek penelitan diberikan pelatihan pembacaan Dhammapadā dan mengukur besarnya peningkatan keterampilan membaca Dhammapadā sesuai tanda baca yang berlaku. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Deskriptif Korelasi. Bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Cluster Random Sampling. Anggota yang digunakan sebagai sampel berjumlah 32 siswa Sekolah Minggu Buddha Kapanewon Pangang dengan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) . Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik deskriptif dan pendekatan statistik inferensi menggunakan teknik t-test dengan batuan program komputer Software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 21. Hasil olah data penelitian menunjukkan Pengaruh Metode Drill membaca Dhammapadā sebesar 74,06 dan peningkatan keterampilan membaca Dhammapadā sebesar 46,29%; serta peningkatan per-indikator untuk pembacaan Dhammapadā meningkat sebesar 47,05%. Hasil uji beda pelatihan pembacaan Dhammapadā dengan perhitungan t- test diperoleh nilai -21,815 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (nilai t tabel dari df = 16 adalah 2,120). Karena nilai t berada di atas nilai kritis 2,120 maka perbedaan diterima pada taraf 99%. Nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,00, karena Sig. > 0,05 maka terbukti bahwa terdapat Pengaruh Metode Drill terhadap keterampilan membaca Dhammapadā sesuai tanda baca yang berlaku antara sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan keterampilan membaca Dhammapadā.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Whatsapp Number: 085712317824 | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Keterampilan Membaca Dhammapada. | ||||||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism |
||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Surya Devi Amriliani | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 02:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 02:19 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/102 |
Actions (login required)
View Item |