Studi Eksperimen Efektivitas Penerapan Metode Game Based Learning Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMK Pembangunan Ampel Tahun Pelajaran 2022/2023

Hintari, Fima (2023) Studi Eksperimen Efektivitas Penerapan Metode Game Based Learning Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMK Pembangunan Ampel Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (106kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (120kB)
[img] Text (Bab I)
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (99kB)
[img] Text (Bab II)
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (276kB)
[img] Text (Bab III)
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
Bab 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full)
Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Fima Hintari, NPM : 20190200032. Studi Eksperimen Efektivitas Penerapan Metode Game Based Learning Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMK Pembangunan Ampel Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga. Boyolali, Jawa Tengah. Pembimbing (1) Sutikyanto, S.Ag., M.Hum. Pembimbing (2) Mujiyanto, M.Pd. Kata Kunci : Metode Game Based Learning, Keaktifan Belajar, metode pembelajaran Latar belakang penelitian ini didasari adanya permasalahan saat proses pembelajaran yaitu perlunya inovasi media pembelajaran yang menarik serta siswa yang cenderung pasif ketika pembelajaran pendidikan agama Buddha. Tujuan penelitian mendeskripsikan efektivitas game based learning terhadap keaktifan belajar siswa beragama Buddha kelas X di SMK Pembangunan Ampel. Metode game based learning merupakan pengembangan permainan edukasi agar siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuantitatif. Desain penelitian memakai metode true-experimental dengan jenis posttest only control design dengan dua kelompok. Kelompok 1 mendapat treatment menggunakan metode game based learning dan kelompok 2 diberikan perlakuan dengan model konvensional. Penelitian dilakukan di SMK Pembangunan Ampel pada siswa beragama Buddha kelas X yang berjumlah 7 siswa. Uji hipotesis menerapkan uji hipotesis non-parametrik yaitu uji Chi-Square, uji Mann-Whitney, uji median, dan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian adalah terdapat efektivitas game based learning terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha kelas X di SMK Pembangunan Ampel. Hasil uji hipotesis membuktikan pengujian posttest pada uji hipotesis statistik uji Chi Square memperoleh nilai signifikansi 0,982 > 0,05, uji Mann Whitney memperoleh nilai sig. 0,032 ˂ 0,05, uji median memperoleh nilai probabilitas 0,043 ˂ 0,05, dan uji Kolmogorov-Smirnov memperoleh nilai signifikansi 0,065 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan metode game based learning efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan Agama Buddha di SMK Pembangunan Ampel tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSasana Bodhi, Sutikyanto101011sutikyanto@smaratungga.ac.id
Thesis advisorMujiyanto, Mujiyanto101075mujiyanto@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Game Based Learning, Keaktifan Belajar, Metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Fima Hintari
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:52
Last Modified: 13 Nov 2023 07:52
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item