PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI ETIKA DAN MORALITAS KELAS VII SMP DI KECAMATAN GLADAGSARI

Sucito, Febi (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI ETIKA DAN MORALITAS KELAS VII SMP DI KECAMATAN GLADAGSARI. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (Cover)
Cover Skripsi Febi Sucito.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (Lembar persetujuan)
Lembar persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full Febi Sucito.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Daftra Pustaka)
Daftrar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam memotivasi siswa, membangkitkan minat siswa, dan meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami proses pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Pendidikan Budi Pekerti sebelum implementasi produk yang dikembangkan, (2) merancang media pembelajaran interaktif berbasis Android, dan (3) menilai kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D. Penelitian dilakukan di berbagai sekolah menengah pertama (SMP) KELAS 7di kecamatan Gladagsari, dengan 11 siswa kelas tujuh, yang merupakan praktisi agama Buddha, berpartisipasi sebagai subjek penelitian. peneliti melakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert untuk evaluasi data. Perangkat pembelajaran multimedia ini terbukti cocok untuk Pendidikan Etika dan Moralitas dalam Pendidikan Agama Buddha. Data validasi ahli menghasilkan skor rata-rata 3,9 dengan persentase 78,0% dengan kategori "Baik" untuk ahli materi. Data validasi ahli media menghasilkan rata-rata skor 4,0 dengan persentase 80,0% dengan kategori "Baik". Pada uji coba terbatas diperoleh skor rata-rata 4,57 dengan persentase 91,5% dengan kategori "Sangat Baik".

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorKabri, Kabri101015kmbrata@gmail.com
Thesis advisorAndanti, Maria Fransisca101035andanti@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, multimedia, berbasis Android, Kelayakan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Febi Sucito
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:18
Last Modified: 19 Feb 2024 01:18
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item