PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA PADA PESERTA DIDIK KELAS 7 SMP SMARATUNGGA, AMPEL, TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yudi Surono, Yudi Surono (2023) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP PERILAKU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA PADA PESERTA DIDIK KELAS 7 SMP SMARATUNGGA, AMPEL, TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Sekolah Tinggi ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text
COVER.pdf

Download (399kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text
FULL TEXT TUGAS AKHIR (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Yudi Surono, 20190200031, 2023. Pengaruh Minat Membaca Terhadap Perilaku Belajar Pendidikan Agama Buddha Pada Peserta Didik Kelas 7 SMP Smaratungga, Ampel, Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Boyolali. Pembimbing (I) Budi utomo S.Ag., M.A., Ph.D (II) Devi Muslianty S.Ag., M.A. Kata Kunci:Minat Baca, Perilaku Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah ketidak sejalanan teori yang ada yaitu peserta didik yang beragama buddha yang masih didapati memiliki perilaku positifyang kurang seperti: peserta didik memanggil nama samaran kepada teman, kurang enguasai kata kata yang halus saat berbicara, dan kurang rapi saat berpakaian. Perilaku Belajar merupakan perilaku yang didasari pada kepribadian yang positif, beberapa hal yang menunjukan seseorang memiliki perilaku belajar positif yaitu : kemandirian, disiplin, percaya diri, terbuka kreatif dan bertanggung jawab. Perilaku belajar dapat dibentuk memalui minat membaca pendidikan keagamaan buddha. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme, Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian korelasional merupakan penelitian yang bertujuan menemukan ada atau tidaknya pengaruh atau hubungan antar beberapa variabel, objek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas 7 beragama buddha. Keseluruhan perilaku belajar perserta didik diperoleh dengan rata-rata besarnya R (korelasi) adalah 0,814. Perhitungan ini berarti minat membaca terhadap perilaku belajar memiliki hubungan yang sangat kuat Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat membaca berpengaruh terhadap perilaku belajar sebesar berarti 81,4% perilaku belajar pendidikan Agama Buddha Pada Peserta Didik kelas 7 SMP Smaratungga Ampel dipengaruhi oleh minat membaca sedangkan sisanya 18,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam persamaan regresi tersebut. siswa beragama Buddha di Sekolah menengah pertama Smaratungga Ampel. Hal ini dapat diamati dari hasil uji hipotesis koefisien determinasi, yang menghasilkan nilai R square sebesar 0,732. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran online memiliki pengaruh sebesar 73,2% terhadap minat baca siswa beragama Buddha. Sementara itu, 26,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Keterangan ini mengasumsikan bahwa terdapat pengaruh minat membaca terhadap perilaku belajar peserta didik kelas 7 beragama Buddha di SMP Smaratungga Ampel Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorNyanasuryanadi, PartonoNIDN2927076501psnadi@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Yudi Surono
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:00
Last Modified: 01 Jul 2024 07:00
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item