PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARAN AGAMA BUDDHA SMP KARYA DHARMA BHAKTI PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Fany Amelia, Sari (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARAN AGAMA BUDDHA SMP KARYA DHARMA BHAKTI PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text
LEMBAR COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK DAN MOTO.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Fany Amelia Sari, 20200200014, 2024. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Agama Buddha SMP Karya Dharma Bhakti Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga. Pembimbing (I) Eko Prasetyo, M.Sn, Pembimbing (II) Budiyanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di SMP Karya Dharma Bhakti Palembang yang masih menerapkan model pembelajaran terpusat pada guru, Salah satu penyebab utama dari permasalahan ini adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan cenderung monoton. Hal ini menyebabkan kurangnya ketertarikan dan keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan secara ilmiah Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Agama Buddha SMP Karya Dharma Bhakti Palembang (2) menganalisis secara ilmiah berapa besar Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Agama Buddha SMP Karya Dharma Bhakti Palembang Tahun 2024. Metode yang digunakan adalah metode survei, yang mana peneliti menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian adalah peserta didik beragama Buddha di SMP Karya Dharma Bhakti. Populasi penelitian ini sebanyak 124 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA & VIIIB beragama Buddha yang berjumlah 45 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran agama Buddha SMP Karya Dharma Bhakti Palembang yaitu dengan hasil analisis deskripsi pada variabel model project based learning menunjukkan hasil sebesar 84% termasuk kategori tinggi, sedangkan pada variabel motivasi belajar menunjukkan hasil sebesar 83% termasuk kategori tinggi. Terdapat pengaruh signifikan antara model project based learning terhadap motivasi belajar, dengan nilai korelasi sebesar 0.745 berada pada kategori kuat. Koefisien determinasi R Square sebesar 0.556 sehingga dapat diartikan bahwa Model Project Based Learning memberikan kontribusi sebesar 55% terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Karya Dharma Bhakti Palembang. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan hasil yang diperoleh t hitung 7.331 dengan Sig. 000 ≤ 0.05 maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik agama Buddha di SMP Karya Dharma Bhakti Palembang tahun 2024.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
AuthorEko, PrasetyoNIDN0613068402ekoprasetyo@smaratungga.ac.id
AuthorBudiyanto, BudiyantoNIDN2920108901budiyanto.badrabudi@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Fany Ameli Sari
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:25
Last Modified: 28 Aug 2024 08:25
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item