Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Berprestasi dalam Perspektif Buddhis Terhadap Tingkat Rasa Percaya Diri Mahasiswa

Harianti, Harianti (2023) Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Berprestasi dalam Perspektif Buddhis Terhadap Tingkat Rasa Percaya Diri Mahasiswa. Masters thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark cover.pdf

Download (405kB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark Persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark BAB II.pdf

Download (10MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
TESIS_20190100003_HARIANTI_watermark Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Harianti. 2023. “Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Berprestasi dalam Perspektif Buddhis Terhadap Tingkat Rasa Percaya Diri Mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru Tahun Akademik 2022/2023”. Tesis Magister Program Pendidikan Keagamaan Buddha. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) “Smaratungga”. Pembimbing (I) Dr. Partono, M.Pd., M.Pd.B. Pembimbing (II) dr. Tjhia Khie Khiong, S.Si., M.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., PA(K). Percaya diri adalah aspek psikologis yang perlu dimiliki oleh setiap individu, terutama bagi siswa atau mahasiswa. Wabah pandemi Covid-19 yang terjadi berdampak pada pembelajaran yang awalnya dilaksanakan secara luring harus beralih ke daring, dampaknya para pembelajar kesulitan karena perlu menggunakan berbagai peralatan maupun aplikasi yang asing. Untuk mengatasi hal ini, motivasi berprestasi adalah aspek yang sangat dibutuhkan. Maksud dari penelitian ini (1) mengetahui pengaruh pembelajaran dalam jaringan terhadap tingkat rasa percaya diri mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru Tahun Akademik 2022/2023; (2) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis terhadap tingkat rasa percaya diri mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru Tahun Akademik 2022/2023; (3) mengetahui pengaruh pembelajaran dalam jaringan dan motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis terhadap tingkat rasa percaya diri mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru Tahun Akademik 2022/2023. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Dalam menentukan sample digunakan teknik simple random sampling, jumlah sample 105 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data kuesioner tertutup disebarkan melalui google form, hasil kuesioner diuji melalui pengujian instrumen, asumsi klasik, dan analisis korelasi regresi sederhana dan ganda. Penelitian memperlihatkan hasil (1) pembelajaran dalam jaringan berpengaruh positif terhadap tingkat rasa percaya diri. Hasil analisis dengan menggunakan uji t, dengan thitung 16,196 dengan nilai signifikansi 0,000. (2) Motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis berpengaruh positif terhadap tingkat rasa percaya diri. Analisis dengan menggunakan uji t, dengan thitung 9,480 dengan nilai signifikansi 0,000 (3) Pembelajaran dalam jaringan dan motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis berpengaruh positif terhadap tingkat rasa percaya diri dengan menggunakan uji F, dengan Fhitung 196.499 Dengan nilai signifikansi 0,000. (4) Koefisien determinasi Adjusted R Square senilai 0,790. Maka dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dalam jaringan dan motivasi berprestasi dalam perspektif Buddhis. Kata kunci : Rasa Percaya Diri, Pembelajaran Dalam Jaringan, Motivasi Berprestasi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Authorpartono, partonoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorTjhia Khie, KhiongUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Harianti Harianti
Date Deposited: 09 May 2025 04:22
Last Modified: 09 May 2025 04:22
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item