PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP EKAYANA EHIPASSIKO TAHUN AJARAN 2024/2025

Ida Yati, Ida Yati (2025) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP EKAYANA EHIPASSIKO TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text
COVER..pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II..pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III..pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB IV..pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (278kB)
[img] Text (TESIS FULL)
LAMPIRAN..pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 10 September 2030.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gaya pengasuhan orang tua berperan penting dalam membentuk perkembangan sosial anak, terutama dalam aspek komunikasi, empati, dan kerja sama. Kecerdasan emosional juga berkontribusi besar karena mencakup kemampuan mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri serta orang lain. Lingkungan keluarga yang penuh kasih dan pola asuh yang mendukung akan menumbuhkan empati, rasa percaya diri, dan kemampuan menjalin relasi sosial yang sehat. Kajian yang mengintegrasikan pola asuh, kecerdasan emosional, dan keterampilan sosial secara komprehensif masih terbatas, terutama dalam konteks pendidikan berbasis agama seperti di sekolah Buddhis. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan meneliti hubungan ketiga variabel pada siswa SMP Ekayana Ehipassiko, sehingga dapat memberikan rekomendasi berbasis bukti bagi orang tua dan pendidik dalam mendukung perkembangan sosial anak secara optimal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala likert. Hasil uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus korelasi product moment menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan memiliki status valid. Hasil uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach menyatakan bahwa instrument bersifat reliabel. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi pola asuh terhadap keterampilan siswa sebesar 0,828 dengan persamaan regresi linear yang dihasilkan yaitu Y=47,930+0,603X1. Nilai korelasi kecerdasan emosional terhadap keterampilan Siswa sebesar 0,937 dengan persamaan regresi linear yang dihasilkan yaitu Y=11,515+0,842X2. Nilai koefisien determinasi pengaruh pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan sosial siswa adalah sebesar 0,938 dengan persamaan regresi linear ganda yang dihasilkan yaitu Y=12,043+0,504X1+0,816X2 Uji hipotesis pertama menolak H0 dengan t hitung sebesar 13,434 dan sig. 0,000. Uji hipotesis kedua menolak H0 dengan t hitung sebesar 24,536 dan sig. 0,000. Uji hipotesis ketiga menolak H0 dengan t hitung sebesar 298,097 dan sig. 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan siswa SMP Ekayana Ehipassiko. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan siswa SMP Ekayana Ehipassiko. Pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional secara simultan berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial siswa SMP Ekayana Ehipassiko dengan kontribusi pengaruh sebesar 87,9%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDDr. Kabri, S.Ag., M.Pd.B., -101015-2902056701UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDJuli Surya,S.Pd.,M.A.,Ph. D, -101070-2903058601UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Ida Yati Aerni
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:44
Last Modified: 10 Sep 2025 03:44
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item