Pedi Kurniawan, Pedi (2025) Pengaruh Praktik Mindfulness Dan Afirmasi Diri Terhadap Kesejahteraan Psikologis Anak Asuh Yayasan Budhayana Vidhyalaya Bandar Lampung. Other thesis, Pendidikan Keagamaan Buddha S2.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 15 September 2025. Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB I.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 15 September 2025. Download (317kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Thesis Full)
PEDI-KURNIAWAN_TESIS.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 15 September 2025. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 15 September 2025. Download (280kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik mindfulness dan afirmasi diri terhadap kesejahteraan psikologis anak asuh di Yayasan Buddhayana Vidhyalaya Bandar Lampung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kondisi kehidupan anak asuh yang jauh dari pengasuhan orang tua, rutinitas hidup yang padat, serta keterbatasan ruang untuk aktualisasi diri yang dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis. Keterampilan seperti regulasi emosi dan penguatan citra diri menjadi krusial dalam membantu anak asuh menjalani kehidupannya secara lebih seimbang dan positif. Kondisi ini memerlukan intervensi psikologi positif seperti praktik mindfulness dan afirmasi diri sebagai pendekatan yang relevan untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental) dan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari anak asuh perempuan sebagai kelompok eksperimen dan anak asuh laki-laki sebagai kelompok kontrol, dengan total 62 peserta. Intervensi dilaksanakan melalui platform Zoom selama kurang dari satu bulan. Analisis data dilakukan dengan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test), uji t sampel independen, regresi linear sederhana, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor kesejahteraan psikologis setelah intervensi pada kelompok eksperimen, namun peningkatan tersebut tidak signifikan secara statistik. Uji t sampel independen juga menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Meskipun demikian, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa praktik mindfulness dan afirmasi diri secara terpisah memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan psikologis. Secara simultan, kedua intervensi tersebut juga berkontribusi secara signifikan, dengan afirmasi diri menjadi prediktor dominan. Nilai effect size intervensi berdasarkan perhitungan Cohen’s d adalah 0,47, yang mengindikasikan tingkat efektivitas sedang secara praktis. Perbedaan hasil antara uji beda dan uji regresi ini menunjukkan bahwa intervensi dapat memberikan pengaruh pada aspek-aspek tertentu dari kesejahteraan psikologis, namun efek keseluruhannya belum cukup kuat untuk membedakan perubahan antar kelompok dalam waktu intervensi yang singkat. Faktor durasi pelatihan, metode daring, serta kualitas partisipasi kemungkinan memengaruhi capaian hasil. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya penerapan intervensi secara langsung, lebih intensif, dan berjangka panjang untuk memperoleh dampak yang lebih signifikan. Temuan ini menjadi kontribusi awal dalam mengintegrasikan pendekatan mindfulness dan afirmasi diri dalam upaya meningkatkan kesejahteraan psikologis anak asuh dalam konteks pengasuhan institusional.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mindfulness, Afirmasi Diri, Kesejahteraan Psikologis, Anak Asuh | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2) | ||||||||
Depositing User: | Pedi Kurniawan Rasinep | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:02 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:02 | ||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |