PENGARUH MINDFULNESS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA-SISWI SMA SEKOLAH EKAYANA EHIPASSIKO TAHUN AJARAN 2024/2025

Dewi Astuti, Dewi Astuti (2025) PENGARUH MINDFULNESS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA-SISWI SMA SEKOLAH EKAYANA EHIPASSIKO TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (tesis full)
i-xviii.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
tesis 1-17.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
tesis 18-62.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
tesis 63-81.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
tesis 82-108.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2030.

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
tesis 109-112.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS FUUL)
daftar pustaka (2).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS FULL)
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Dewi Astuti, 20230100012, 2025. “Pengaruh Mindfulness Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kesehatan Mental Siswa-Siswi SMA Sekolah Ekayana Ehipassiko Tahun Ajaran 2024/2025”. Tesis Pascasarjana Program Pendidikan Keagamaan Buddha. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) "Smaratungga”. Pembimbing (I) Dr. Partono, M.Pd., M.Pd.B (II) Dr. Heru Suherman, M.M. Kata kunci: mindfulness, kecerdasan emosional, kesehatan mental, siswa SMA, pendidikan Buddhis Masalah kesehatan mental pada remaja, khususnya siswa sekolah menengah atas, semakin menjadi perhatian seiring dengan meningkatnya tekanan akademik, sosial, dan psikologis yang mereka hadapi. Upaya untuk mengatasi tantangan ini memerlukan identifikasi faktor protektif seperti mindfulness dan kecerdasan emosional, yang diyakini berkontribusi signifikan terhadap kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mindfulness dan kecerdasan emosional terhadap kesehatan mental siswa SMA Ekayana Ehipassiko tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei eksplanatori, melibatkan seluruh populasi sebanyak 102 siswa yang diambil melalui metode sensus. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, dan observasi, dengan angket sebagai instrumen utama. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda, serta didukung oleh uji F, uji t, dan uji multikolinearitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mindfulness memiliki korelasi sedang dengan kesehatan mental (R = 0,481), dengan persamaan regresi Y = 69,865 + 0,659X, sedangkan kecerdasan emosional menunjukkan korelasi yang lebih kuat (R = 0,739) dengan persamaan regresi Y = 24,823 + 0,862X. Pengaruh simultan kedua variabel menghasilkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,552 dengan persamaan regresi berganda Y = 18,729 + 0,125X₁ + 0,802X₂. Hasil uji F (F = 60,934; Sig. = 0,000 < 0,05) membuktikan bahwa mindfulness dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kesehatan mental. Namun, uji t menunjukkan bahwa mindfulness (B = 0,125; t = 1,119; Sig. = 0,266) bukan prediktor yang signifikan, sedangkan kecerdasan emosional (B = 0,802; t = 8,416; Sig. = 0,000) terbukti sebagai prediktor dominan dan signifikan. Uji multikolinearitas juga mengonfirmasi validitas model, dengan nilai Tolerance = 0,679 dan VIF = 1,473. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mindfulness dan kecerdasan emosional berkontribusi terhadap kesehatan mental siswa, namun kecerdasan emosional memiliki peran yang lebih dominan. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan program intervensi berbasis sekolah yang mengintegrasikan pelatihan mindfulness dan pengembangan kecerdasan emosional untuk meningkatkan ketahanan, regulasi emosi, serta kesejahteraan psikologis siswa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDDr. Kabri, S.Ag., M.Pd., M.Pd., -101015 - 2902056701UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDJulia Surya, S.Pd., M.A., Ph., -101070 - 2903058601UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: mindfulness, kecerdasan emosional, kesehatan mental, siswa SMA, pendidikan Buddhis
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dewi Astut Dewi srikat
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:44
Last Modified: 10 Sep 2025 03:44
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item