PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH EKAYANA DHARMA BUDHI BAKTI

Causirhom, Surya (2024) PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH EKAYANA DHARMA BUDHI BAKTI. Masters thesis, STIAB SMARATUNGGA.

[img] Text
Tesis Surya Causirhom.20200100002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Kinerja Guru. Pendidikan merupakan sektor krusial dalam kehidupan yang mempengaruhi berbagai aspek, dan kualitas pendidikan sangat bergantung pada kinerja guru. Kinerja guru dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bakti Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel jenuh yang terdiri dari 44 guru di jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh guru di Sekolah Ekayana Dharma Budhi Bakti. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengidentifikasi pengaruh masing-masing variabel, yaitu perilaku kepemimpinan dan keterampilan manajerial kepala sekolah, terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana kedua faktor ini mempengaruhi kualitas kinerja guru. Hasil penelitian membuktikan bahwasannya perilaku kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kepala sekolah yang menunjukkan perilaku kepemimpinan yang baik mampu meningkatkan motivasi dan kedisiplinan guru, yang berdampak positif pada kinerja mereka. Keterampilan manajerial kepala sekolah juga terbukti berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dengan keterampilan dalam pengelolaan sumber daya dan penyelesaian masalah yang efektif menghasilkan lingkungan kerja yang mendukung. Secara bersamaan, perilaku kepemimpinan dan keterampilan manajerial memiliki pengaruh positif yang signifikan, menghasilkan suasana kerja yang memotivasi dan meningkatkan kinerja serta kepuasan kerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDSurya Causirhom, S.Ak., M.Pd, Surya CausirhomUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDDr. dr. Khie Khiong, S.Si., S.Ked., M.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., P, Khie KhiongUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDDr. Partono Nyanasuryanadi, M.Pd., M.Pd.B, Partono NyanasuryanadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Surya Causirhom Causirhom
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:52
Last Modified: 01 Oct 2025 03:52
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item