Pengaruh Kompetensi Guru Agama Buddha Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel Tahun 2022

Winda Surya, Ningtiyas (2022) Pengaruh Kompetensi Guru Agama Buddha Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel Tahun 2022. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Winda.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full)
Full Text Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-1.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://repository.smaratungga.ac.id

Abstract

Winda Surya Ningtiyas, 20180200002, 2022. Pengaruh Kompetensi Guru Agama Buddha Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Ampel Tahun 2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali. Pembimbing (I) Sutikyanto, S. Ag, M. Hum., (II) Mujiyanto, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik beragama Buddha yang tekun dalam belajar, aktif dalam proses belajar mengajar, mengerjakan tugas secara mandiri, dan tertib dalam berpakaian maupun tatanan rambut. Motivasi belajar peserta didik meningkat dikarenakan guru agama Buddha menerapkan empat kompetensi guru dalam proses belajar mengajar berlangsung maupun aktivitas diluar jam pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) Mengetahui dan menganalisa secara ilmiah pengaruh kompetensi guru agama Buddha terhadap motivasi belajar peserta didik agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel tahun 2022 (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru agama Buddha terhadap motivasi belajar peserta didik agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel tahun pelajaran 2022. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Hal ini sering dilakukan bila semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik beragama Buddha yang berjumlah 24 peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis nonparametric dengan teknik t-test. Hasil penelitian yang diperoleh berupa gambaran mengenai adanya pengaruh variabel X dan variabel Y uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dengan rumus regresi linier sederhana diperoleh R Square 0,596 dengan demikian 59,6% kompetensi guru agama Buddha akan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel Tahun 2022 sedangkan sisanya 40% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain tujuan dan cita-cita, tujuan belajar, keadaan fisik dan psikologis siswa, keadaan alam siswa, unsur pembelajaran, dan upaya pendidik untuk menampilkan siswa dengan baik. Berdasarkan analisis uji t mengenai kompetensi guru agama Buddha terhadap motivasi belajar peserta didik agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel melalui regresi linier sederhana memperoleh hasil thitung sebesar 5,693 dengan sig. (probabilitas) 0,000 yang probabilitasnya lebih kecil dari a = 0,05. Oleh karena itu probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak. Keterangan ini menjawab bahwa terdapat pengaruh kompetensi guru agama Buddha terhadap motivasi belajar peserta didik agama Buddha SMA Negeri 1 Ampel Tahun 2022.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSutikyanto, SutikyantoNIDN2915127101sasanabodh@gmail.com
Thesis advisorMujiyanto, MujiyantoNIDN2913119601mujiy556@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Winda Surya Ningtiyas
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:40
Last Modified: 04 Nov 2022 03:11
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item View Item