PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 4 SEMESTER GENAP TAHUN 2021/2022 SE-KECAMATAN GLADAGSARI

WHISNU DHAMA, YUDHA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 4 SEMESTER GENAP TAHUN 2021/2022 SE-KECAMATAN GLADAGSARI. Other thesis, Stiab smaratungga.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (339kB)
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL)
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: https://repository.smaratungga.ac.id/

Abstract

WHISNU DHAMA YUDHA, 20180200012, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar kelas 4 Semester genap Tahun 2021/2022 Se-Kecamatan Gladagsari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha Smaratungga, Boyolali. Pembimbing (I) Supartono, S.Pd., M.Si., M.Pd.B. (II) Maria Fransisca Andanti, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Learning, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas IV Semester Genap. Pendidikan mengalami perubahan dari abad-abad sebelumnya karena perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat. Perkembangan teknologi semakin maju dari tahun ke tahun. Kurangnya pemahaman dari seorang pendidik dan peserta didik, menjadi sebuah permasalahan untuk melakukan pembelajaran online. Sedangkan dari hasil observasi peneliti, pada saat ini hamper semua Sekolah Dasar di Kecamatan Gladagsari sudah memiliki fasilitas teknologi yang mumpuni. Masalah lain dalam berjalannya pembelajaran online di mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti adalah kurangnya media pembelajaran yang mampu menjadikan suatu alat bantu yang mampu meningkatkan semangat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Proses penelitian menggunakan metodologi Borg & Gall, yang mencakup sepuluh langkah penelitian dan pengembangan. Namun karena keterbatasan peneliti hanya menggunakan metode langkah keempat yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk dan uji lapangan pendahuluan. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Sebagai hasil dari penelitian, dihasilkan produk media pembelajaran untuk E-Learning Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti untuk sekolah dasar kelas empat semester genap. Uji viabilitas media pembelajaran E-Learning dengan melakukan validasi produk dengan tim ahli dan mendapatkan skor persentase rata-rata, 78,0% oleh ahli media, 79.33% oleh ahli materi yang memiliki hasil dengan kriteria layak. Simpulan produk media pembelajaran E-Learning yang dikembangkan dapat diterapkan pada pembelajaran agama Buddha dan budi pekerti semester IV semesterGENAP

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSupartono, SupartonoNIY101013supartono.khemacaro@sekha.kemenag.go.id
Thesis advisorMaria Fransisca Andanti, Maria Fransisca AndantiNIDN2910078801maria.fransisca.andanti@sekha.kemenag.go.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Whisnu Dhama Yudha
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:42
Last Modified: 22 Nov 2022 04:43
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item