WANDI, WANDI (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK AGAMA BUDDHA SMA BHAKTI KARYA KALORAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
Text (Cover)
COVER.pdf Download (74kB) |
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (Lampiran Skripsi)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (999kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang peneliti melakukan penelitian ini didasarkan pada keseharian peserta didik di lingkungan SMA Bhakti Karya Kaloran. Sesuai dengan kondisi di lapangan selama peneliti melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), peneliti menemukan peserta didik khususnya yang beragama Buddha masih kurang dalam hal kecerdasan emosional. Mengingat pentingnya kecerdasan emosional bagi peserta didik untuk memperoleh prestasi yang baik tentunya didukung oleh beberapa faktor, salah satunya dari keluarga. Lingkungan keluarga yang paling dekat dengan peserta didik yaitu orang tua. Orangtua dalam mendidik anak hendaknya menerapkan pola asuh yang tepat kepada peserta didik. Dengan penerapan pola asuh yang tepat tentunya peserta didik akan tumbuh dan berkembang dengan baik salah satunya memiliki tingkat kecerdasan emosional yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Populasi yang diteliti yaitu peserta didik beragama Buddha SMA Bhakti Karya Kaloran tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 45. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametris dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh berupa gambaran mengenai adanya pengaruh dari variabel X dan variabel Y melalui uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dengan rumus regresi linear sederhana diperoleh nilai 0,461 sehingga dapat diartikan bahwa Pola Asuh Orangtua (X) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 46,1% terhadap Kecerdasan Emosional (Y). Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis uji t besarannya t hitung 6,061 dengan Sig. 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh Orangtua, Kecerdasan Emosional, Peserta Didik | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Wandi Wandi | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Dec 2023 04:16 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/122 |
Actions (login required)
View Item |