PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MATERI TOKOH PERDAMAIAN DUNIA KELAS IX SMP

Evi Sefriani Dwika, Evi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MATERI TOKOH PERDAMAIAN DUNIA KELAS IX SMP. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA SMARATUNGGA.

[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 11 July 2030.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Pernyataan - Moto.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak - Daftar Lampiran.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 11 July 2030.

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 11 July 2030.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Evi Sefriani Dwika. 20200200012. 2024.“ Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi Pendidikan Agama Buddha Materi Tokoh Perdamaian Dunia Kelas IX SMP” Skripsi: Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing (I) Budi Utomo, S.Ag.,M.A.,Ph.D. Pembimbing (II) Mujiyanto, M.Pd. Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, gamifikasi, tokoh perdamaian dunia, SMP, ADDIE. Studi ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran interaktif yang menerapkan gamifikasi pada materi "Tokoh Perdamaian Dunia" bagi siswa di SMP Karya Dharma Bhakti Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan teknologi, terutama smartphone, dalam pengajaran Pendidikan Agama Buddha serta rendahnya minat siswa terhadap materi tersebut. Metode yang dipakai adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan juga memotivasi mereka untuk belajar. Media ini telah diuji dalam dua tahap, yaitu pada kelompok kecil dan besar, dengan hasil yang positif terkait kelayakan materi dan penyajiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sekolah menengah pertama, gamifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Evi Sefriani Dwika
Date Deposited: 17 Jul 2025 05:37
Last Modified: 17 Jul 2025 05:37
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item