PENGARUH MINDFULNESS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SELF EFFICACY SISWA SMA BUDDHIS BODHICITTA MEDAN

Nie Lie, Nie Lie (2025) PENGARUH MINDFULNESS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SELF EFFICACY SISWA SMA BUDDHIS BODHICITTA MEDAN. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU AGAMA BUDDHA.

[img] Text (COVER)
20230100016 Nie Lie -COVER.pdf

Download (149kB)
[img] Text (Tesis Full)
20230100016 Nie Lie - Full Tesis.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Lembar Pengesahan)
20230100016 Nie Lie - Lembar Pengesahan.pdf .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
20230100016 Nie Lie - Abstrak.pdf

Download (168kB)
[img] Text (Bab I)
20230100016 Nie Lie - Bab I.pdf - Submitted Version

Download (308kB)
[img] Text (Bab II)
20230100016 Nie Lie - Bab II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
20230100016 Nie Lie - Bab III.pdf - Submitted Version

Download (611kB)
[img] Text (BAB IV)
20230100016 Nie Lie - Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
20230100016 Nie Lie - Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 30 May 2030.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
20230100016 Nie Lie - Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text (Lampiran)
20230100016 Nie Lie - Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

NIE LIE. 20230100016. 2025. Pengaruh Mindfulness dan Kecerdasan Emosional Terhadap Self Efficacy Siswa SMA Buddhis Bodhicitta Medan. Tesis. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S2). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali. Pembimbing (I) Dr. Suherman, S.Kom., M.M. dan Pembimbing (II) Budi Utomo, S.Ag., M.A., Ph.D. Self-efficacy merupakan konstruk psikologis yang krusial karena berperan besar dalam pencapaian akademik, motivasi belajar, dan ketahanan siswa menghadapi tekanan pendidikan modern. Dalam konteks era Society 5.0 dan perkembangan kecerdasan buatan, penguatan aspek psikologis siswa menjadi semakin penting, khususnya melalui pendekatan mindfulness dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mindfulness dan kecerdasan emosional terhadap self-efficacy siswa kelas XI jurusan IPA di SMA Buddhis Bodhicitta Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sebanyak 68 siswa dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ), Emotional Intelligence Scale, dan General Self-Efficacy Scale (GSES). Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh signifikan terhadap self-efficacy (p = 0.000), sedangkan mindfulness menunjukkan pengaruh tidak langsung yang signifikan secara marginal (p = 0.067). Terdapat korelasi positif yang kuat antara mindfulness dan self-efficacy (r = 0.659), dan koefisien determinasi (R² = 0.628) menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut secara bersama-sama mampu menjelaskan 62,8% variasi dalam self-efficacy siswa. Berdasarkan hasil tersebut, kecerdasan emosional muncul sebagai prediktor dominan, sementara mindfulness berfungsi sebagai faktor pendukung. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengintegrasian pelatihan kecerdasan emosional dalam kurikulum pendidikan, serta penerapan intervensi mindfulness secara terstruktur dan berkelanjutan. Diperlukan pendekatan pendidikan yang holistik dan berbasis nilai-nilai Buddhis guna memperkuat kapasitas emosional dan kognitif siswa dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Kata kunci: mindfulness, kecerdasan emosional, self efficacy, Pendidikan Buddhis.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDDr. Suherman, S.Kom., M.M., Dr. Suherman, S.Kom., M.M.101054 - 2902117301herusuhermanlim@gmail.com
UNSPECIFIEDBudi Utomo, S.Ag., M.A., Ph.D., Budi Utomo, S.Ag., M.A., Ph.D.101022 - 2907067801budiutomo@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: mindfulness, kecerdasan emosional, self efficacy, Pendidikan Buddhis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Nie Lie
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:39
Last Modified: 03 Sep 2025 02:39
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item