Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Buddha terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Putra Bangsa Berbudi-Delitua.

Elisabet, Tansel (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Buddha terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Putra Bangsa Berbudi-Delitua. Masters thesis, Sekolah Tinggi Imu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (COVER)
Tesis_Yohendy COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (PERSETUJUAN)
Tesis Yohendy PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
Tesis_Yohendy ABSTRAK.pdf

Download (971kB)
[img] Text (BAB 1)
Tesis_Yohendy BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
Tesis_Yohendy BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text (THESIS FULL)
Tesis_Yohendy FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Tesis_Yohendy DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Tesis_Yohendy DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)
Official URL: https://repository.smaratungga.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Elisabet Tansel, 20200100009, 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Buddha Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Putra Bangsa Berbudi - Delitua”. Tesis Pascasarjana Program Pendidikan Keagamaan Buddha. Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) "Smaratungga”. Pembimbing (I) Dr. Suherman, S.Kom, M.M. Pembimbing (II) Dr. dr. Khie Khiong, S.Si.,S.Ked., M.Si.,M.Pharm. Sc., PhD., PA (K), Exp.Flow, Akp. Kata kunci: Hasil Belajar, Kualitas pelayanan pendidikan, Kedisiplinan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terdapat nilai hasil belajar siswa SMP yang belum sesuai harapan. Siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah tentunya mengharapkan hasil pembelajaran yang maksimal sehingga kualitas pelayanan pendidikan dan kedisiplinan harus di perhatikan dalam menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap hasil belajar siswa SMP Putra Bangsa Berbudi tahun pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru pendidikan agama Buddha terhadap hasil belajar siswa SMP Putra Bangsa Berbudi tahun pelajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pendidikan dan kedisiplinan guru pendidikan agama Buddha terhadap hasil belajar siswa SMP Putra Bangsa Berbudi tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh dengan mengambil semua jumlah populasi menjadi sampel, dalam penelitian yang terdiri dari 42 siswa SMP yang beragama Buddha. Desain penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data statistik dekkriptif. Instrumen pengumpulan data kuesioner tertutup yang disebarkan melalui lembaran kuisioner, hasil kuesioner diuji melalui pengujian instrumen, asumsi klasik, dan analisis korelasi regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisi dengan menggunakan uji t, dengan thitung 2.567 dengan nilai signifikansi 0,014. (2) Kedisiplinan guru pendidikan agama Buddha berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisi dengan menggunakan uji t, dengan thitung 6.926 dengan nilai signifikansi 0,000. (3) Kualitas pelayanan pendidikan dan kedisiplinan guru pendidikan agama Buddha berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisi dengan menggunakan uji F, dengan Fhitung 57.704 dengan nilai signifikansi 0,000. (4) Nilai koefisien determinasi Adjusted R sebesar 0,734 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan dan kedisiplinan guru pendidikan agama Buddha mempengaruhi hasil belajar siswa adalah 73.4% dan sisanya 26.6% dijelaskan oleh pengaruh dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui kualitas pelayanan pendidikan dan kedisiplinan guru pendidikan agama Buddha, baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorPartono, PartonoNIDN2927076501psnadi@gmail.com
Thesis advisorBurmansah, BurmansahNIDN-burmansyah@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Elisabet Tansel
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:43
Last Modified: 05 Dec 2022 07:43
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item