PERAN AMITTA DALAM PENANAMAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA REMAJA(STUDI KASUS PADA SMB SURYA MAITREYA)

Dahlia, Dahlia (2022) PERAN AMITTA DALAM PENANAMAN DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA REMAJA(STUDI KASUS PADA SMB SURYA MAITREYA). Masters thesis, Sekolah Tinggi Imu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (COVER)
cover.pdf

Download (437kB)
[img] Text (Persetujuan)
Persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
abstraksi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (11MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (THESIS FULL)
tesis - Dahlia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (24MB)
Official URL: https://repository.smaratungga.ac.id/

Abstract

ABSTRAK DAHLIA, 20180100001, 2022, amitta Dalam Penanaman Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Remaja (Studi Kasus Pada SMB Surya Maitreya Kotapinang), Tesis, Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S2), Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali, Pembimbing (I) Dr. Suherman, S.Kom.,M.M., (II) Dr. Partono, M.Pd., M.Pd.B Kata Kunci : amitta, Disiplin dan Tanggung Jawab, Remaja Periode masa remaja merupakan masa yang sangat istimewa, yang mana saat remaja terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat meliputi pertumbuhan fisik, perkembangan kemampuan sosial emosional, dan kemampuan kognitif. Masa remaja disebutkan sebagai masa pembentukan diri sebagai bekal kompetensi di masa depan, masa ini juga disebut sebagai masa peralihan dan kebimbangan dalam proses pencarian jati diri. Sehingga di saat ini remaja sering melakukan pemberontakan terhadap aturan dan nasehat orang tua, dan kerap menimbulkan masalah. Untuk mengembalikan kedisiplinan dan tanggung jawab pada remaja, diperlukan orang yang dapat bertindak sebagai amitta, agar kehidupan remaja dapat dijalani dengan penuh disiplin dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan objek penelitian adalah peserta SMB remaja dan pembimbing SMB. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, triangulasi data, serta analisis data yang dilakukan dengan melakukan reduksi data, rangkuman data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang peran pembimbing SMB amitta, mendampingi remaja belajar yang dilakukan dengan cinta kasih serta menjadi tempat remaja berkeluh kesah. Selain belajar pengetahuan, pendamping SMB juga mengajarkan etika dan moral dalam upaya menanamkan disiplin dan tanggung jawab pada remaja peserta SMB Surya Maitreya Kotapinang. xiii DAHLIA, 20180100001, 2022, The amitta in Instilling Discipline and Responsibility in Adolescents (Case Study at SMB Surya Maitreya Kotapinang), Thesis, Master of Buddhist Education. Smaratungga Buddhist College, Boyolali, Advisor (I) Dr. Suherman, S.Kom.,M.M., (II) Dr. Partono, M.Pd., M.Pd.B Keywords : amitta, Discipline and Responsibility, Adolescence The period of adolescence is an extraordinary period when adolescence occurs very rapidly, including physical growth, the development of social�emotional abilities, and cognitive abilities. Adolescence is mentioned as a period of self-formation as a provision for future competence, this period is also referred to as a period of transition and indecision in the process of self-discovery. So at this period, teenagers often rebel against the rules and advice of parents and often cause problems. To restore discipline and responsibility to adolescents, it is necessary to have someone who can act as a amitta, so that the teenager can live in a disciplined and responsible manner. This research uses a qualitative approach with a case study method, with the research object being SMB participant adolescents and SMB supervisors. Data collection is done through interviews, observation and documentation, data triangulation, and data analysis by reducing data, summarizing data, presenting data, and drawing conclusions. The study results provide an overview of the role of the SMB supervisor amitta assisting adolescents in learning which is carried out with love and becomes a place for teenagers to complain. In addition to learning knowledge, SMB assistants also teach ethics and morals in an effort to instill discipline and responsibility in SMB students participating in Surya Maitreya Kotapinan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanNIDN2902117301herusuhermanlim@gmail.com
Thesis advisorPartono, PartonoNIDN2927076501psnadi@gmail.com
Uncontrolled Keywords: sekolah minggu, pergaulan remaja baik, psikologi perkembangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Dahlia Dahlia
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:50
Last Modified: 06 Dec 2022 01:50
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item