PELATIHAN PEMBACAAN DHAMMAPADĀ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA VERSI SARADHANIYA (Studi Eksperimen Sekolah Minggu Buddha Gavidati di Desa Prigi, Kec. Kedungjati, Kab. Grobogan Tahun 2022/2023)

Krido Prasetyo, Krido Prasetyo (2023) PELATIHAN PEMBACAAN DHAMMAPADĀ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA VERSI SARADHANIYA (Studi Eksperimen Sekolah Minggu Buddha Gavidati di Desa Prigi, Kec. Kedungjati, Kab. Grobogan Tahun 2022/2023). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text
cover.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (Bab v)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Krido Prasetyo. 20190200021. 2023.“PELATIHAN PEMBACAAN DHAMMAPADĀ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA VERSI SARADHANIYA (Studi Eksperimen Sekolah Minggu Buddha Gavidati Di Desa Prigi, Kec. Kedungjati, Kab. Grobogan Tahun 2023)” Skripsi: Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing (I) Sutikyanto, S.Ag., M.Hum Pembimbing (II) Mujiyanto, M.Pd Kata Kunci : Dhammapadā, keterampilan, membaca Siswa sekolah minggu Buddha Gavidati di desa prigi dengan jumlah 46 anak dari yang belum sekolah sampai yang sudah sekolah menengah pada anak usia 12-17 tahun, didapati keseluruhan belum bisa membaca Dhammapadā sesuai dengan ketepatan Teknik membaca dari berbagai versi. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui Pelatihan Pembacaan Dhammapadā Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Versi Saradhaniya bagi siswa SMB Gavidati pada anak usia 12-17 tahun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eskperimen bentuk desain one-group Pretest-posttest. Metode yang digunakan untuk mengukur validitas dari item-item dalam kuesioner adalah dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil menunjukkan rata-rata peningkatan keterampilan membaca Dhammapadā sebesar 53%. Rata-rata keterampilan sebelum diberikan perlakuan adalah 36% dengan kategori sangat tidak sesuai dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 89% dengan kategori sangat sesuai. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan perubahan yang signifikan pada anak sekolah Pada perhitungan t diperoleh nilai -14,302 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (nilai t tabel dari df 11 adalah 2,201). Karena nilai t berada di atas nilai kritis 2,201 maka perbedaan diterima pada taraf 99%. Nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,00, karena Sig. 0,05 maka terbukti bahwa terdapat Keefektifan pelatihan pelatihan pembacaan Dhammapadā dalam meningkatkan keterampilan membaca versi saradhaniya antara sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan pembacaan keterampilan membaca Dhammapadā.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSasanabodhi, SutikyantoNIY101011sutikyanto.sasanabodhi@smaratungga.ac.id
Thesis advisorMujiyanto, MujiyantoNIY101075muji.yanto@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dhammapada, Keterampilan, Membaca
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: krido Prasetyo
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:42
Last Modified: 11 Jan 2024 03:42
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item