PENGARUH MEDITASI SEBELUMPEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENANGANI STRES AKADEMI PESERTA DIDIK AGAMA BUDDHA DI SMP NEGERI 1 KALORAN TAHUN PELAJARAN 2023

Panna, Setiyawan (2023) PENGARUH MEDITASI SEBELUMPEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENANGANI STRES AKADEMI PESERTA DIDIK AGAMA BUDDHA DI SMP NEGERI 1 KALORAN TAHUN PELAJARAN 2023. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (Cover)
Cover Panna.pdf - Submitted Version

Download (237kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Panna.pdf - Submitted Version

Download (208kB)
[img] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan Panna.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Panna.pdf - Submitted Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II Panna.pdf - Submitted Version

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Panna.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Panna.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V Panna.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (Sekripsi Lengkap)
Sekripsi Panna Setiyawan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Panna.pdf - Submitted Version

Download (342kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran Panna.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Panna Setiyawan (20190200017) Pengaruh Meditasi Sebelum Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menangani Stres Akademik Siswa Agama Buddha di SMPN 1 Kaloran Tahun Pelajaran 2022/2023 Kata kunci : meditasi, pembelajaran, dan stres akademik Siswa di SMP merupakan seseorang yang berumur 12-16 tahun atau biasa disebut remaja yang sedang mengalami tahap perkembangan individu, terutama dalam dimensi emosional, kognitif, dan moral. Kemampuan untuk mengendalikan emosi secara efektif membantu siswa untuk lebih fokus saat belajar dan mendengarkan materi yang diajarkan oleh guru di SMP. Fokus pada proses pembelajaran di tingkat SMP sangatlah krusial, dan faktor-faktor seperti guru, teman sebaya, lingkungan belajar, dan Peran orang tua dalam hal ini juga sangat signifikan. Salah satu metode yang bisa mendukung perkembangan siswa adalah meditasi Samantha Bhavana. Konsentrasi belajar mereka, karena melalui praktik meditasi ini, pikiran bisa menjadi lebih tenang dibandingkan jika mereka tidak melakukannya. Penelitian0ini menggunakan pendekatan0kuantitatif korelasional dengan fokus pada0model struktur fungsional.0Tujuan utama dari studi ini0adalah untuk0menilai apakah0ada0hubungan antara. variabel-variabel yang muncul secara alami dalam konteks tersebut, hasil uji normalitas, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,200, dapat disimpulkan nilai sig di atas tingkat kepercayaan yang umumnya digunakan 0,05, kesimpulan yang diambil adalah distribusi residual model regresi tersebut mendekati distribusi normal. Kesimpulan adalah bahwa nilai dari model regresi tersebut dapat dianggap mendekati distribusi normal, yang merupakan salah0satu asumsi0penting dalam0analisis regresi yang baik. Uji0t dilakukan0untuk mengevaluasi signifikansi hubungan antara0variabel independen (meditasi) dan variabel0dependen (penanganan stres akademik) berdasarkan data yang terdokumentasi dalam Tabel 4.10. Hasil0uji t menunjukkan0bahwa nilai t hitung adalah 4,10, dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari tingkat0signifikansi yang telah ditentukan sebelumnya (0,05). Akibatnya, hipotesis nol (Ho) harus ditolak.Hasil analisis ini mengindikasikan bahwa meditasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penanganan stres akademik. Dalam konteks ini, data menunjukkan adanya persamaan regresi antara variabel meditasi (X) dan variabel penanganan stres akademik (Y). Nilai konstanta dalam Tabel 4.10 adalah Angka 63,619, serta koefisien regresi untuk variabel meditasi. (X) adalah00,606. Ini0berarti bahwa0setiap peningkatan0dalam meditasi akan mengakibatkan peningkatan penanganan stres akademik secara linier sebesar 0,606.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorEndang, Sri Rejeki101053endang.sri.rejeki@sekha.kemenag.go.id
Thesis advisorSukisno, Sukisno101074viryapannasoekisno@gmail.com
Uncontrolled Keywords: meditasi, pembelajaran, dan stres akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: setiyawan Panna
Date Deposited: 06 May 2024 03:18
Last Modified: 06 May 2024 03:18
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item