PENGARUH SILENT SITTING (MEDITASI MENGGUNAKAN OBYEK CAHAYA) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP INSAN TERATAI MASA PANDEMI COVID 19

NIO, SHE MI (2024) PENGARUH SILENT SITTING (MEDITASI MENGGUNAKAN OBYEK CAHAYA) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP INSAN TERATAI MASA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (BAB I)
Bab 1_new.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (TESIS FULL COVER)
Tesis_NIo She Mi_full_2020010002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti ini berusaha untuk memastikan apakah ada korelasi antara suasana yang tenang dan kinerja skolastik siswa di SMP Insan teratai, dengan tujuan untuk menentukan dampak motivasi belajar terhadap perilaku siswa. Selain itu, ia berusaha untuk menyelidiki potensi interkoneksi antara lingkungan yang tenang dan perilaku belajar siswa. Tujuan utamanya adalah untuk memahami pengaruh yang diberikannya pada prestasi akademik. Pencapaian tujuan pembelajaran tergantung pada motivasi untuk belajar. Temuan ini berasal dari upaya instruktif yang ditujukan kepada pelajar Buddhis di SMP Insan Teratai di tengah pandemi COVID-19. Landasan penelitian ini terletak pada penurunan hasil pendidikan yang dialami selama pandemi. Untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif, penelitian ini menggunakan metodologi pengambilan sampel jenuh yang mencakup 42 siswa sekolah menengah yang berbagi ketertarikan bersama dengan ajaran Buddha. Para peneliti menggunakan teknik statistik kuantitatif dan deskriptif untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Proses pengumpulan data bergantung pada survei tertutup yang dilaksanakan melalui formulir survei. Selanjutnya, analisis korelasi menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda, uji statistik minimal klasik, dan asumsi klasik untuk menghitung data survei. Penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan akademik siswa secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh lingkungan yang damai. Penelitian ini menggunakan teknik t-uji, menghasilkan nilai-t 2,188 dan nilai signifikansi 0,035. Selain itu, korelasi substansif dan afirmatif antara motivasi belajar dan keberhasilan belajar siswa terlihat jelas. Nilai t 4.317 dan nilai signifikansi 0.000 adalah hasil penelitian yang dilakukan dengan memanfaatkan teknik t-test. Perilaku belajar siswa dipengaruhi secara positif dan signifikan baik oleh motivasi belajar maupun sikap tenang. Hasil analisis f menunjukan hasil 24. 653 dan tingkat signifikansinya mendekati 0 (4). Koefisien determinasi yang disesuaikan R adalah 0. 558%, menunjukkan bahwa ketenangan dan kemauan belajar mempengaruhi hasil senilai 55.8%, 45.2% disebabkan oleh perilaku belajar siswa dan 22.2% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diselidiki dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan perilaku belajar siswa dapat dicapai dengan membiasakan siswa pada keadaan tenang dan meningkatkan motivasi belajarnya secara individu dan simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorBudi Utomo, Budi Utomo1010222907067801budiutomo@smaratungga.ac.id
Thesis advisorKabri, Kabri1010152902056701kabri@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perilaku belajar, silent sitting, motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2)
Depositing User: Nio She MI
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:55
Last Modified: 14 Mar 2025 01:55
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item