Cindi Agustina, Cindi Agustina (2025) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERAGAMA BUDDHA SMPS PELOPOR MANDAU TAHUN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
![]() |
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 22 May 2030. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cover Skripsi)
Cover Skripsi.pdf - Submitted Version Download (140kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version Download (283kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 22 May 2030. Download (140kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (248kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Submitted Version Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 22 May 2030. Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 22 May 2030. Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 22 May 2030. Download (145kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (208kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 22 May 2030. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti di lapangan, yaitu fenomena rendahnya motivasi belajar pada peserta didik. Peneliti mengungkap beberapa temuan yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar di kalangan peserta didik. Observasi menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran, peserta didik cenderung enggan untuk berpartisipasi aktif dan kurang berinisiatif dalam diskusi kelas. Peserta didik juga tampak kurang bersemangat ketika dihadapkan dengan materi baru, yang mencerminkan berkurangnya antusiasme untuk mempelajari hal-hal baru. Selain itu, terlihat pula kurangnya ketekunan dan dorongan untuk berkembang dalam proses belajar. Didukung dengan bukti empiris dari hasil pengamatan kelas selama periode dua bulan dan survei awal tentang motivasi belajar. Rendahnya motivasi belajar peserta didik disebabkan oleh berbagai faktor yang berasal dari dalam diri (internal) maupun dari lingkungan sekitarnya (eksternal). Di antara berbagai faktor tersebut, satu aspek yang diyakini memiliki dampak besar terhadap motivasi belajar adalah self-efficacy. Konsep ini merujuk pada tingkat keyakinan yang dimiliki seorang peserta didik terhadap kemampuan dirinya sendiri dalam menghadapi berbagai tantangan dalam proses pembelajaran, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik yang diberikan. Dengan kata lain, sejauh mana seorang peserta didik percaya bahwa dia mampu mengatasi kesulitan belajar dan berhasil dalam tugas-tugas sekolahnya, diduga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat motivasi belajarnya secara keseluruhan. Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar peserta didik beragama Buddha di SMPS Pelopor Mandau. 2) Untuk mengetahui seberapa besar Self Efficacy berpengaruh terhadap Motivasi Belajar peserta didik beragama Buddha di SMPS Pelopor Mandau. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif korelasional. Adapun Teknik sampling yang digunakan teknik sampling jenuh, mencakup seluruh populasi yang terdiri dari 89 peserta didik beragama Buddha. Pengumpulan data dilaksanakan melalui kuesioner terstruktur. Analisis data menerapkan metode statistik regresi linear sederhana dan diinterpretasikan secara deskriptif. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengkaji secara sistematis hubungan antara self-efficacy dan motivasi belajar pada peserta didik beragama Buddha yang spesifik, dengan memanfaatkan analisis statistik untuk menghasilkan temuan yang dapat diukur dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Efficacy memiliki dampak yang cukup besar terhadap Motivasi Belajar peserta didik. Analisis statistik yang diperoleh mengungkapkan nilai R Square sebesar 0,493. Interpretasi dari angka ini adalah bahwa Self-Efficacy (variabel x) berkontribusi sebesar 49,3% terhadap variasi yang terjadi pada Motivasi Belajar (variabel y). Temuan ini mengindikasikan bahwa hampir setengah dari faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dapat dijelaskan oleh tingkat self-efficacy peserta didik. Sementara itu, 50,7% sisanya dipengaruhi oleh berbagai faktor lain yang berada di luar cakupan penelitian ini. Analisis statistik menghasilkan nilai uji t sebesar 9,198 dengan tingkat signifikansi (Sig.) 0,000. Angka signifikansi ini lebih kecil atau sama dengan ambang batas yang umumnya digunakan dalam penelitian, yaitu 0,05. Berdasarkan hasil ini, hipotesis nol (Hₒ) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa variabel independen (Self-Efficacy) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (Motivasi Belajar).
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | self-efficacy, motivasi belajar | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Cindi Agustina | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 02:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 02:03 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |