Safera, Bella (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TERHADAP PERILAKU KOOPERATIF PESERTA DIDIK DI SMP SMARATUNGGA. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Bella Safera. 20210200004.” Pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Perilaku Kooperatif Peserta Didik Di Smp Smaratungga ” Skripsi: Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing (I) Supartono. S.Pd., M.Si., M.Pd.B. Pembimbing (II) Sri Utami, S.Ag., M.A. Kata Kunci : Pembelajaran berbasis projek, perilaku kooperatif, pendidikan Buddha, keterampilan sosial, peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis projek terhadap perilaku kooperatif peserta didik di SMP Smaratungga. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik beragama Buddha di SMP Smaratungga, dan seluruh populasi dijadikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket berbasis sekala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakanregresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis projek berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kooperatif peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bahwa penerapan PBL di sekolah berbasis agama Buddha dapat memperkuat keterampilan sosial siswa serta menginternalisasi nilai-nilai Buddhis seperti kerja sama, kasih sayang,dan harmoni sosial. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi refensi dalam mengembangkan strategi pembelajaran kontekstual dan inklusif yang seralas dengan kebutuhan abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis projek, perilaku kooperatif, pendidikan Buddha, keterampilan sosial, peserta didik. | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Bella Safera Dewi Karina | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2025 09:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2025 09:16 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |