PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE/AI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMA BHAKTI KARYA KALORAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Ipah, Ipah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE/AI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMA BHAKTI KARYA KALORAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI,_Ipah.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover_Skripsi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
PERSETUJUAN_PEMBIMBING_SKRIPSI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
MOTO.pdf

Download (102kB)
[img] Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (160kB)
[img] Text (Bab II)
BAB_II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (Bab II)
BAB_III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB_V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan fokus pada kegiatan belajar siswa yang beragama Buddha di SMA Bhakti Karya Kaloran. Berdasarkan pengamatan peneliti selama Program Asistensi Mengajar, ditemukan bahwa siswa, khususnya yang beragama Buddha, cenderung kurang termotivasi dalam belajar. Mempertimbangkan pentingnya meningkatkan motivasi belajar siswa untuk menemukan pendekatan-pendekatan inovatif yang dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka. Salah satu metode pembelajaran yang dapat berpotensi dalam meningkatkan motivasi siswa adalah pemanfaatan AI. Dengan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis AI, diharapkan dapat mengembangkan kemandirian siswa. Tentu saja, pelaksanaan model pembelajaran yang inovatif ini akan mendorong minat dan partisipasi siswa. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang diteliti yaitu seluruh siswa beragama Buddha yang masih aktif belajar di SMA Bhakti Karya Kaloran Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametris dengan menggunakan rumus linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara dari variabel X dan variabel Y melalui uji hipotesis. Hasil analisis data dengan rumus regresi linier sederhana diperoleh 0,457 yang berarti bahwa Penggunaan Artificial Intelligence/AI (X) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 45,7% terhadap Motivasi Belajar (Y). Sisa 54,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Berdasarkan t hitung 4.400 dengan Sig.0,000 < 0,05 maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
UNSPECIFIEDJulia Surya, Julia SuryaNIDN. 2903058601juliasurya@smaratungga.ac.id
UNSPECIFIEDKabul Praptiyono, Kabul PraptiyonoNIDN. 2930128201kabulmetta@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Artificial Intelligence/AI, motivasi belajar pendidikan agama Buddha
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Ipah Kenap
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:05
Last Modified: 15 Sep 2025 01:05
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item