Wardhani, Chyntia Anggraheni Puja (2022) Strategi Literasi Dalam Peningkatan Pelafalan Dhammapadā Siswa SD Negeri 1 Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Tahun 2022. Other thesis, Sekolah Tinggi IImu Agama Buddha Smaratungga.
Text (Cover)
Cover.pdf Download (102kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (Skripsi Full)
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Chyntia Anggraheni Puja Wardhani (20180200016).2022. Strategi Literasi Dalam Peningkatan Pelafalan Dhammapadā Siswa SD Negeri 1 Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Tahun 2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Keagaman Buddha (S1), Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga, Boyolali. Pembimbing (1) Dr. Kabri, S.Ag., M.Pd., M. Pd. B, (2) Sukisno, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Literasi, Pelafalan Dhammapada SD Negeri 1 Sidoharum merupakan sekolah dasar yang berada di Desa Sidoharum, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Sebagaimana meningkatnya siswa-siswi beragama Buddha memiliki kesempatan untuk belajar Dhammapadā dengan cara pelafalan Dhammapadā yang diterapkan guru agama melalui strategi literasi. Strategi literasi merupakan sebuah cara untuk meningkatkan tujuan yang akan dicapai. Strategi literasi ini dilakukan melalui pelafaln Dhammapadā. Pelafalan Dhammapadā merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapat kembali pengetahuan yang relevan dan tersimpan di memori dalam jangka panjang yang bertujuan utuk meningkatkan kosentrasi dan daya ingat dalam menghafal Dhammapadā. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan study kasus. Fokus penelitian ini difokuskan kepada siswa SD Negeri 1 Sidoharum Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen.Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh strategi literasi dalam peningkatan pelafalan Dhammapadā siswa SD Negeri 1 Sidoharum berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan subjek menunjukan bahwa strategi literasi dalam peningkatan pelafalan Dhammapadā siswa SD Negeri 1 Sidoharum sangat memberikan manfaat bagi siswanya. Manfaat ini dapat meningkatkan pengetahuan baru, kosentrasi dan saya ingat pada siswa. Saran penelitian ini yaitu bagi guru Agama Buddha diharapkan bisa lebih aktif dan inofatif dalam belajar Dhammapadā agar siswa lebih tertarik serta tidak merasakan kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar.Bagi siswa SD Negeri 1 akan selalu meningkatkan literasi di sekolahan, lingkungan dan masyarakat. Siswa Agama Buddha diharapkan dapat selalu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan- kemampuan dalam membaca dan menghafalkan Dhammapadā yang selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Literasi, Pelafalan Dhammapada | ||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Chyntia Anggraheni Puja Wardha | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2022 00:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2022 00:23 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/68 |
Actions (login required)
View Item |