PENGARUH KALYĀNAMITTA TERHADAP SIKAP EMPATI PESERTA DIDIK BERAGAMA BUDDHA DI SMK PEMBANGUNAN AMPEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Enten Widya Putri, Enten (2022) PENGARUH KALYĀNAMITTA TERHADAP SIKAP EMPATI PESERTA DIDIK BERAGAMA BUDDHA DI SMK PEMBANGUNAN AMPEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STIAB SMARATUNGGA.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (748kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I fix.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II fix.pdf

Download (534kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III fix.pdf

Download (604kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
Official URL: https://repository.smaratungga.ac.id

Abstract

ABSTRAK Enten Widya Putri, 20180200009, 2022. Pengaruh Kalyanamitta terhadap Sikap Empati Peserta Didik Beragama Buddha di SMK Pembangunan Ampel 2021/2022. Pembimbing (I) Supartono, S.Pd., M.Pd., M.Pd.B., (II) Mujiyanto, M.Pd. Kata kunci: Kalyanamitta, Sikap Empati Kegiatan dalam proses pembelajaran di sekolah, ketika peserta didik mampu mengaktualisasi rasa empatinya dengan pergaulan yang baik, maka peserta didik dapat semangat yang kuat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Masalah-masalah timbul oleh banyak pihak dari pendidikan, keluarga, guru, terutama teman. teman dapat mempengaruhi dalam proses pendidikan, memiliki teman yang baik merupakan kehidupan setiap insan untuk mengembangkan setiap potensi baik dalam diri seseorang yang sudah ada maupun belum ada. Kemajuan dalam diri seseorang sangat berpengaruh dengan adanya teman baik. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa secara ilmiah dan seberapa besar pengaruh Kalyanamitta terhadap sikap empati peserta didik beragama Buddha SMK Pembangunan Ampel Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik beragama Buddha di SMK Pembangunan Ampel tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 27. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel (Sugiyono, 2017:124). Adapun dalam penelitian ini jumlah populasi kurang dari 100 yang berjumlah 27, maka seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Analisis data digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, karena data yang akan dikumpulkan berbentuk angka, maka teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik. Data yang dikumpulkan akan dianalisa menggunakan rumus regresi linier dengan dibantu software computer statistical package for sosial sciences (SPSS) for windows. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Kalyanamitta terhadap Sikap Empati peserta didik beragama Buddha di SMK Pembangunan Ampel tahun pelajaran 2021/2022 yaitu dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,706 yang menunjukan hubungan yang kuat antara variabel Kalyanamitta terhadap sikap emapti, serta menunjukan koefisien determinasi sebesar 0,498 dengan demikian berarti 49,8% sikap empati peserta didik beragama Buddha di SMK Pembangunan Ampel dipengaruhi oleh Kalyanmitta.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorSupartono, SupartonoNIY101013sagin4@gmail.com
Thesis advisorMujiyanto, MujiyantoNIY101075Mujiy556@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kalyanamitta, Sikap Empati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Enten Widya Putri
Date Deposited: 09 Nov 2022 12:51
Last Modified: 09 Nov 2022 12:51
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item