PENGEMBANGAN JATAKA POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELJARAN SISWA SEKOLAH MINGGU BUDDHA TINGKAT CULLA SEKHA DI KECAMATAN GLADAGSARI

Joko Adi, Pradana (2023) PENGEMBANGAN JATAKA POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELJARAN SISWA SEKOLAH MINGGU BUDDHA TINGKAT CULLA SEKHA DI KECAMATAN GLADAGSARI. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI JOKO ADI PRADANA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DEAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Pop-up Book tentang cerita Jataka sebagai materi pembelajaran bagi siswa tingkat Culla Sekha di Sekolah Minggu Buddha.. Metode penelitian yang di gunakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Tahapan model 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Minggu Buddha kecamatan Gladagsari dengan melibatkan guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada kelompok siswa dan dua responden ahli, yaitu ahli media dan ahli materi Jataka. Setelah data terkumpul, maka akan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. dalam bentuk analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan media Pop-up Book memperoleh persentase rata-rata sebesar 93% dalam kategori "sangat baik" menurut ahli media., 84% dalam kategori "baik" menurut ahli materi, dan 89% dalam kategori "sangat baik" berdasarkan tanggapan siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Jataka Pop-up Book memiliki kualitas yang sangat baik. Pop-up Book ini dapat menjadi salah satu solusi yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran. karena mendapat respon positif dari ahli media, ahli materi, dan siswa

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
AuthorBudi, UtomoNIDN2907067801budiutomo@smaratungga.ac.id
AuthorDevy, MusliantyNIDN2919018401devymuslianty@smaratungga.ac.id
Uncontrolled Keywords: Jataka Pop-up Book; Media Pembelajaran; Sekolah Minggu Buddha
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Joko Adi Pradana
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:19
Last Modified: 13 Aug 2024 01:19
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item