Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Terhadap Keterlibatan Siswa Kelas XII dalam Pembelajaran Agama Buddha di SMA Negeri 1 Donorojo Tahun Ajaran 2024/2025

Tria Yunita, Yunita (2025) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Terhadap Keterlibatan Siswa Kelas XII dalam Pembelajaran Agama Buddha di SMA Negeri 1 Donorojo Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.

[img] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text
MOTTO & ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (754kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 21 July 2035.

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 21 July 2035.

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full)
FULL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 21 July 2035.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only until 21 July 2035.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK TRIA YUNITA. 20210200013. 2025.”Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning terhadap Keterlibatan Siswa kelas XII dalam Pembelajaran Agama Buddha di SMA Negeri 1 Donorojo Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing (I) Dr. Kabri, S.Ag., M.Pd., M.Pd.B, (II) Maria Fransisca Andanti, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Keterlibatan Siswa Keterlibatan siswa menjadi kunci dalam keberhasilan proses pembelajaran, karena siswa yang aktif cenderung mencapai pemahaman dan hasil belajar yang lebih baik. Model cooperative learning terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa melalui kerja sama dan diskusi kelompok. SMA Negeri 1 Donorojo telah menerapkan model ini dalam pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, pengaruh model cooperative learning terhadap keterlibatan siswa dalam konteks pembelajaran agama masih perlu diteliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey dan teknik regresi linear sederhana. Populasi yang diteliti yaitu siswa beragama Buddha kelas XII di SMA Negeri 1 Donorojo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 24 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Linkret. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametris dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari model cooperative learning dan keterlibatan siswa melalui uji hipotesis. Hasil analisis dengan rumus regresi linear sederhana diperoleh nilai 0,596 diartikan bahwa cooperative learning memberikan kontribusi pengaruh sebesar 59,6%, sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uji t diperoleh uji t sebesar 5,699 dengan Sig 0,000 ≤ 0,05 maka Hₒ ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorNyanakaruno, KabriNIDN2902058701kmbrata@gmail.com
Thesis advisorMaria Fransisca Andanti, Maria FransiscaNIDN2910078801maria.fransisca.andanti@sekha.kemenag.go.id
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Keterlibatan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Tria Yunita Jumini
Date Deposited: 14 Aug 2025 09:19
Last Modified: 14 Aug 2025 09:19
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item