Linda Sari, Linda (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI PAÑCASĪLA BUDDHIS TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP SMARATUNGGA AMPEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga Boyolali.
Text (COVER)
COVER.pdf Download (450kB) |
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (SEKRIPSI FULL)
COVER_merged.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajran materi Pañcasīla Buddhis terhadap kecerdasan sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi yang diteliti adalah siswa SMP Smaratungga Ampel yang beragama Buddha tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Linkert. Analisis data yang digunkan adalah analisis statistik parametris dengan menggunkan rumus regresi linier sederhana. Pemebelajaran materi Pañcasīla Buddhis memiliki lima sub variabel yaitu tidak melakukan pembunuhan, tidak melakukan pencurian, tidak melakukan perbuatan asusial, tidak berbohong, dan tidak mengosumsi makanan atau minuman yang dapat melemahkan kesadaran memiliki nilai rata-rata 34,14 dengan kategori sangat sesuai. Kecerdasan sosial memiliki lima sub variabel yaitu kesadaran situasional, kemampuan membawa diri, autentisitas atau keaslian, clarity atau kejelasan, dan empati memiliki rata-rata 33,82 dengan kategori sesuai. Hasil penelitian ini diperoleh nilai R Square 0,595 dengan Sig. pada uji coba hipotesis sebesar 0,000 hal ini membuktikan bahwa kecerdasan sosial siswa yang dipengaruhi oleh pembelajaran pembelajaran materi Pañcasīla Buddhis secara persentase sebesar 59,5% dan 40,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengeruh Kecerdasan Sosial Guru, Manajemen, ubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan | ||||||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism |
||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Linda Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2022 04:27 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
View Item |