PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI PAÑCASĪLA BUDDHIS TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP SMARATUNGGA AMPEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Linda Sari, Linda (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MATERI PAÑCASĪLA BUDDHIS TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP SMARATUNGGA AMPEL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga Boyolali.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (SEKRIPSI FULL)
COVER_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://repository.smaratungga.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajran materi Pañcasīla Buddhis terhadap kecerdasan sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi yang diteliti adalah siswa SMP Smaratungga Ampel yang beragama Buddha tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Linkert. Analisis data yang digunkan adalah analisis statistik parametris dengan menggunkan rumus regresi linier sederhana. Pemebelajaran materi Pañcasīla Buddhis memiliki lima sub variabel yaitu tidak melakukan pembunuhan, tidak melakukan pencurian, tidak melakukan perbuatan asusial, tidak berbohong, dan tidak mengosumsi makanan atau minuman yang dapat melemahkan kesadaran memiliki nilai rata-rata 34,14 dengan kategori sangat sesuai. Kecerdasan sosial memiliki lima sub variabel yaitu kesadaran situasional, kemampuan membawa diri, autentisitas atau keaslian, clarity atau kejelasan, dan empati memiliki rata-rata 33,82 dengan kategori sesuai. Hasil penelitian ini diperoleh nilai R Square 0,595 dengan Sig. pada uji coba hipotesis sebesar 0,000 hal ini membuktikan bahwa kecerdasan sosial siswa yang dipengaruhi oleh pembelajaran pembelajaran materi Pañcasīla Buddhis secara persentase sebesar 59,5% dan 40,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionContributorsNIY-NIDNEmail
Thesis advisorKabri, KabriNIY101015kmbrata@gmail.com
Thesis advisorPartono, PartonoNIY101012psnadi@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pengeruh Kecerdasan Sosial Guru, Manajemen, ubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
Divisions: Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1)
Depositing User: Linda Sari
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:02
Last Modified: 29 Nov 2022 04:27
URI: https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item