BAYU LESMANA, BAYU (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH KARYA DHARMA BHAKTI 2 PALEMBANG. Other thesis, STIAB Smaratungga.
![]() |
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
Abstract
Bayu Lesmana. 20200200006. 2024.“ Pengaruh model Problem Based Learning dalam pendidikan agama Buddha terhadap kreativitas belajar siswa kelas VI Sekolah Karya Dharma Bhakti 2 Palembang”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga Boyolali Jawa Tengah. Pembimbing (I) Dr. Partono, M.Pd.,M.Pd.B, Pembimbing (II) Julia Surya, S.Pd.B.,M.A.,Ph.D. Kata kunci : Problem Based Learning, kreativitas belajar, pendidikan agama Buddha Latar belakang peneliti melakukan penelitian ini didasarkan pada kegiatan belajar peserta didik pelajaran agama Buddha di SD Karya Dharma Bhakti 2 Palembang. Sesuai dengan kondisi dilapangan selama peneliti melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), peneliti menemukan peserta didik khususnya yang beragama Buddha masih kurang dalam hal kreativitas belajar. Mengingat pentingnya kreativitas belajar bagi peserta didik untuk dapat menemukan pendekatan-pendekatan baru dan inovatif dalam belajar, yang dapat membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran, memperoleh kreativitas belajar tentunya didukung oleh beberapa faktor, salah satunya dari model pembelajaran. Salah satu jenis pembelajaran yang berpotensi meningkatkan kreativitas siswa adalah Problem Based Learning. Siswa belajar memecahkan masalah, berpikir kritis, dan mengembangkan kemandiriannya melalui pembelajaran berbasis masalah. Dengan penerapan model pembelajaran yang tepat tentunya akan meningkatkan minat dan partisipasi siswa, sehingga kreativitaas belajar mereka lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Populasi yang diteliti yaitu peserta didik beragama Buddha kelas VI SD Karya Dharma Bhakti 2 Palembang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 50. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametris dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari variabel X dan variabel Y melalui uji hipotesis. Hasil analisis data dengan rumus regresi linear sederhana diperoleh nilai 0,516 diartikan bahwa Problem Based Learning (X) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 51,6% terhadap Kreativitas Belajar (Y). Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis uji t besarannya t hitung 7,150 dengan Sig. 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S1) | ||||||||||||
Depositing User: | Bayu Lesmana Sumini | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:13 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |