Muditya Ratna Dewi, Muditya Ratna Dewi (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP PENGUATAN KARAKTER BUDDHIS SISWA SMP SMARATUNGGA BOYOLALI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
![]() |
Text
COVER TESIS.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only until 12 September 2030. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa masih ditemukan konflik antar siswa, lemahnya pengendalian diri, serta rendahnya pemahaman dan praktik nilai-nilai Buddhis di kalangan siswa SMP Smaratungga Boyolali. Karakter Buddhis yang diharapkan mencerminkan kejujuran, ketulusan, empati, rendah hati, rasa puas, kesederhanaan, sopan santun, dan keseimbangan batin sangat penting dalam memperkuat pribadi yang selaras dengan ajaran Buddha. Diperlukan faktor pendukung yang mampu memperkuat pembentukan karakter tersebut, salah satunya melalui pengembangan kecerdasan emosional dan disiplin diri. Kecerdasan emosional terdiri dari kesadaran diri, pengelolaan emosi, motivasi, empati, dan keterampilan sosial yang berperan penting dalam membentuk perilaku positif, menjaga hubungan harmonis, serta mendorong penerapan nilai moral secara konsisten. Disiplin diri dibangun melalui kebiasaan, fokus pada tujuan jangka panjang, serta kemampuan emosi. Disiplin diri membantu siswa mempertahankan perilaku positif, mengendalikan impuls, membiasakan hidup sederhana, serta menciptakan keseimbangan batin yang stabil. Sinergi keduanya dapat memperkuat karakter Buddhis yaitu perilaku jujur, tulus, penuh empati, sederhana, stabil secara emosional, dan selaras dengan ciri khas karakter Buddhis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin diri terhadap penguatan karakter Buddhis siswa Agama Buddha di SMP Smaratungga Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Populasi penelitian berjumlah 33 siswa yang seluruhnya menjadi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional (β = 0,421; t = 5,872; p < 0,001) dan disiplin diri (β = 0,367; t = 5,214; p < 0,001) berpengaruh signifikan terhadap penguatan karakter Buddhis, baik secara parsial maupun simultan (F = 45,326; p < 0,001) dengan kontribusi sebesar 51,2% (R² = 0,512). Temuan ini menegaskan bahwa penguatan karakter Buddhis dapat dicapai melalui sinergi antara kecerdasan emosional dan disiplin diri. Dengan demikian, pengembangan kedua aspek ini perlu dilakukan melalui pembelajaran, pelatihan, serta praktik spiritual yang terarah dan berkesinambungan, agar nilai-nilai Buddhis tidak hanya dipahami secara kognitif, tetapi juga dihayati dan diwujudkan dalam perilaku nyata siswa.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Disiplin Diri, Penguatan Karakter Buddhis | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Keagamaan Buddha > Pendidikan Keagamaan Buddha (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Muditya Ratna Dewi Tatik | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 05:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 05:34 | ||||||||||||
URI: | https://repository.smaratungga.ac.id/id/eprint/275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |